Loading...

Manfaat Kulit Terong Ungu Sebagai Obat Awet Muda

Tidak sedikit ibu-ibu yang saat memasak kulit terong terlebih dulu membuang bagian kulitnya. Padahal, kulit terong tersebut punya banyak khasiat yang luar biasa. Misalanya saja manfaat kulit terong adalah bisa meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiat dari kulit terong tersebut, kulit terong bisa dibuat menjadi masker wajah.

Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah kulit terong ungu menjadi masker untuk kecantikan dan perawatan wajah.

Alvionita, koordinator tim mahasiswa yang melakukan penelitian terhadap khasiat kulit terong tersebut mengatakan kalau khasiat terkuat dari terong ungu (Solanummelongena L.) itu adalah merangsang dan meningkatkan laju peremajaan sel sehingga kulit tampak lebih segar dan lebih muda. Lebih lanjut menut dia adalah bahwa kulit sayuran berwarna ungu itu memiliki beberapa komponen yang baik untuk kesehatan di antaranya antosianin dan vitamin E.

“Antosianin baik untuk peremajaan kulit, sedangkan vitamin E mampu meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah proses penuaan dini, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet,” katanya.

loading...

Cara Membuat Masker Kulit Terong untuk Obat Awet Muda

Menurut Vionita, sebagaimana yang dikutip dari laman Solopos, untuk cara pembuatan masker kulit terong ungu meliputi membuat bubuk kulit terong dan tepung beras.

Untuk membuat bubuk kulit terong dilakukan dengan cara menyeleksi terong ungu yang masih bagus dan membersihkan terong ungu dengan mencucinya pada air mengalir. Kemudian mensterilisasi tangan dengan menyemprotkan alkohol 70 persen pada telapak tangan.

Selanjutnya, mengupas kulit dan mengeringkan kulit terong ungu dengan pengeringan matahari dan ditutupi kain kasa. Setelah kulit terong ungu kering kemudian diblender hingga menjadi bubuk dan menyaringnya.

Selain membuat bubuk kulit terong, juga membuat tepung beras. Tepung beras itu berguna sebagai media perekat untuk masker.

Untuk cara membuat tepung beras, caranya adalah dengan memilih beras yang berkualitas baik. Selanjutnya rendam beras tersebut dengan air selama satu malam kemudian ditumbuk dan disaring.

Untuk cara membuat masker kulit terong ungu sendiri adalah cara mencampurkan kulit terong dan tepung beras dengan perbandingan 6:4 dan menambahkan lima tetes essence dan satu tetes pengawet propilen glikol kemudian diaduk sampai rata dan dikemas.

Pembuatan masker kulit terong yang relatif mudah mampu dilakukan semua orang termasuk para petani terong atau sehingga dapat menekan angka pengangguran sekaligus meningkatkan tingkat pendapatan masyarakat.

Anggota tim mahasiswa Fakultas MIPA UNY itu antara lain Isnahuriyawati, Isnaeni Widiastuti, dan Winda Dwi Astuti.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

manfaat terong ungu untuk kecantikan, manfaat kulit terong, manfaat kulit terong ungu, memutihkan kulit dengan terong, kasiat kulit terong ungu, manfaat terong untuk wajah, manfaat terong ungu untuk kulit, dowlond kulit terung, manfaat terong ung, manfaat terong buat kulit, fungsi kulit terong yang berwarna ungu, kandungan gizi kulit terong, manfaat kulit t, khasiat terong ungu, khasiat kulit terong
Manfaat Kulit Terong Ungu Sebagai Obat Awet Muda | inicarak | 4.5