Loading...

Manfaat Puasa untuk Saraf

Berbagai manfaat bisa didapatkan dengan berpuasa, diantaranya adalah baik untuk saraf.

Setiap orang mempunyai resiko mengalami kondisi gangguan dan kerusakan saraf. Salah satunya bisa disebabkan karena adanya trauma pada saraf. Namun, kondisi ini bisa diatasi dengan cara berpuasa.

Ketika kita berpuasa, tubuh bisa mempunyai kesempatan melakukan detoksifikasi (proses pembersihan racun dari tubuh) yang muncul akibat pola hidup sehari-hari dan mungkin tidak sehat, demikian menurut konsultan neurologis dari Departement Neurologi FKUI/RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), seperti yang dikutip dari okezone.

loading...

Lebih lanjut menurut Dr. Manfaluthy, “Ketika berpuasa tubuh bisa melakukan proses detoksifikasi atau proses pengurangan kadar racun dari dalam tubuh. Karena zat racun yang tersimpan lemak akan larut, dan dikeluarkan dari tubuh”.

Tidak hanya itu saja, berpuasa juga bisa membantu meningkatkan kondisi mental, kewaspadaan, dan juga bisa lebih fokus. Hal ini karena beberapa hormon tertentu seperti endorfin mengalami peningkatan dalam darah setelah beberapa hari berpuasa.

Dengan berpuasa, tubuh bisa mengalihkan pengunaan glukosa ke lemak, sebagai sumber energi secara perlahan, berpuasa juga bisa mencegah terjadinya kerusakan saraf dan otot.

Loading...
Manfaat Puasa untuk Saraf | inicarak | 4.5