Loading...

Manfaat Sehat Beras Merah

Beras putih merupakan salah satu menu utama yang selalu tersedia di meja makan. Bahkan hampir sebagian besar orang Indonesia akan menganggap belum mereka belum makan kalau belum mengonsumsi beras atau nasi merah. Padahal sebenarnya ada alternatif pengganti beras putih, yaitu beras merah yang jauh lebih sehat. Selain itu, beras merah juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Memang jika dari segi rasa, beras putih dikatakan lebih enak daripada beras merah. Ketika dimasak, beras putih yang sudah menjadi nasi memiliki rasa sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan beras merah.

Sekitar 1 cangkir beras merah terdiri atas 88 persen mangan, 27,3 persen selenium, 20,9 persen magnesium, 18,7 persen triptofan dan kalori hanya 12 persen kalori. Proses perubahan beras dari merah menjadi putih menghancurkan sekitar 60 persen zat besi, 80 persen vitamin B1, 67 persen vitamin B3, 90 persen vitamin B6, 60 persen dari besi dan hampir setengah fosfor, mangan dan serat makanan alami yang ada dalam beras.

loading...

Beras merah memiliki sifat yang baik untuk jantung, demikian menurut ahli. Tingginya serat yang terkandung dalam beras merah juga memberi efek yang membuat usus bergerak secara sehat dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi satu cangkir beras merah yang dimasak bisa memenuhi sekitar 80 persen dari kebutuhan harian mangan dalam tubuh. Mangan berfungsi untuk membantu pembentukan kolesterol sehat. Beras merah juga meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Selain itu, mengganti nasi putih dengan beras merah dalam menu makan sehari-hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua.

Loading...
Manfaat Sehat Beras Merah | inicarak | 4.5