Loading...

Manfaat Seledri: Bisa untuk Mencegah Kanker Pankreas

Seledri tak hanya sekedar sebagai pengharum dan penyedap dalam masakan. Namun seledri ternyata juga kaya akan manfaat, salah satunya adalah melawan salah satu jenis kanker yang paling agresif, yaitu kanker pankreas. Mengonsumsi seledri dengan oregano bisa membuat tubuh akan terhindar zat pembunuh sel kanker, demikian menurut sebuah studi.

Berdasar penelitian yang dipimpin Profesor Elvira de Mejia, jika seseorang banyak makan sayuran sepanjang hidup, maka tubuhnya akan banyak terpapar flavonoid bioaktif. Inilah yang membantu mengurangi risiko kanker.

Seledri adalah sayuran yang kaya akan kandungan apigenin dan luteolin, flavonoid yang mampu melenyapkan sel yang sakit. Dalam penelitiannya, para peneliti meningkatkan kandungan zat ini hingga 5 kali lipat dan ternyata mampu merusak sel-sel kanker.

loading...

Sementara itu Profesor de Mejia, dari University of Illinois di Amerika Serikat, mengatakan orang-orang yang sudah terkena kanker tidak akan sembuh hanya dengan mengkonsumsi makanan kaya flavonoid saja. Pasien kanker tetap membutuhkan obat dokter untuk mengatasinya.

Sementara Dr Jodee Johnson yang juga terlibat dalam penelitian, mengatakan, “Tujuannya adalah untuk mengembangkan obat, namun memperpanjang hidup pasien bisa menjadi perkembangan yang signifikan,” kata peneliti Dr. Jodee Johnson, seperti dilansir laman Mirror, Senin (15/9).

Penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Nutrition dan Food Research itu juga memperingatkan bahwa flavonoid bisa menghilangkan manfaat dari obat kemoterapi jika digunakan pada waktu yang sama.

“Caranya dengan menggunakan flavonoid sebagai pra-pengobatan,” pungkas Johnson.

Loading...
Manfaat Seledri: Bisa untuk Mencegah Kanker Pankreas | inicarak | 4.5