Loading...

Manfaat Serta Kegunaan Buah Aprikot Bagi Kesehatan Manusia

Buah Aprikot adalah jenis buah berbentuk bulat yang memiliki rasa lezat. Buah dengan nama latin plum armenia ini banyak ditemukan di daerah Turki. Buah yang memiliki warna keemasan ini bertekstur kulit buah yang menyerupai beludru. Dengan rasanya yang manis serta tajam, buah ini berhasil menyedot perhatian banyak orang untuk menyukainya. Selain buahnya yang kaya antioksidan dan betakaroten, biji dari buah aprikot ini sendiri bisa mendatangkan manfaat, yakni dapat diolah menjadi minyak kernel aprikot. Selain dapat menghadirkan rasa lezat di lidah, ternyata masih banyak lagi kandungan gizi dalam buah aprikot yang bermanfaat bagi tubuh.

Penasaran apa sajakah manfaat yang dimaksud? Berikut pembahasan lengkapnya.

  1. Melancarkan pencernaan
    Buah Aprikot memiliki banyak manfaat yang salah satu diantaranya adalah melancarkan pencernaan sehingga orang yang mengkonsumsinya akan jauh dari penyakit sembelit atau susah buang air besar. Selain membantu menjauhkan diri dari sembelit, Aprikot juga bermanfaat untuk membunuh cacing usus.
  2. Meningkatkan ketajaman dan kesehatan mata
    Dengan kandungan beta karoten yang tinggi, Aprikot dapat menyehatkan mata, khususnya dalam mencegah degenerasi makula. Beta karoten dikenal sebagai zat antioksidan tinggi yang dapat memproteksi tubuh dari bermacam penyakit berbahaya.
  3. Mengecilkan potensi terkena kanker dan serangan jantung
    Manfaat Aprikot berikutnya adalah meminimalisir resiko penyakit kanker dan serangan jantung berkat kandungan antioksidan, lycopene, dan vitamin C yang dikandungnya.
  4. Mengobati asma dan anemia
    Buah aprikot dapat mengobati seseorang dari penyakit kekurangan sel darah merah atau yang biasa dikenal dengan anemia karena kandungan tembaga serta zat besi yang membantu darah memproduksi sel darah merah. Selain bisa menyembuhkan penyakit pada darah, Aprikot juga berkemampuan untuk meredakan penyakit paru-paru, seperti asma, tuberkulosis (TBC), dan juga bronkitis.
  5. Minyaknya dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit
    Selain bisa dirasakan dalam dunia kesehatan, manfaat buah aprikot juga bisa dinikmati di dunia kecantikan. Minyak hasil olahan dari biji Aprikot ternyata dapat berperan sebagai cairan perawat kulit yang bisa membuat kulit menjadi halus dan putih. Selain itu, minyak Aprikot bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, seperti eksim dan kudis.

Sangat menarik, bukan? Maka tunggu apalagi? Segera konsumsi buah aprikot dan temukan keajaibannya!

loading...

Loading...
Manfaat Serta Kegunaan Buah Aprikot Bagi Kesehatan Manusia | inicarak | 4.5