Loading...

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau sudah terkenal sejak dulu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dengan meminum teh dapat membuat tubuh lebih rileks dalam menjalani aktivitas.

Jika dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya. Minuman ini bisa mencegah atau membantu penyembuhan penyakit ringan sejenis influenza hingga yang berat, seperti kanker. Jenis tehnya juga bisa dipilih menurut selera masing-masing. Berikut ini adalah sepuluh manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Mencegah kanker
Sebuah studi yang dilakukan oleh U.S. National Cancer Institute diketahui bahwa kandungan katekin dalam polifenol yang terdapat pada teh hijau memiliki peranan penting dalam pencegahan kanker.

loading...

Selain itu, oksidan tak aktif polifenol bermanfaat untuk mengurangi jumlah dan ukuran tumor, serta menghalangi pertumbuhan sel kanker. Penelitian serupa secara khusus juga telah dilakukan terhadap kanker kandung kemih, payudara, ovarium, esofagus (bagian dari alat pencernaan berupa saluran yang membawa makanan dari kerongkongan ke perut), paru-paru, pankreas, prostat, kulit dan perut.

2. Menjaga kadar kolesterol baik
Penelitian menyatakan bahwa teh hijau menurunkan kolesterol secara keseluruhan dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada hewan dan manusia. Polifenol dalam teh hijau membantu menghadang proses penyerapan usus dan melancarkan pengeluarannya dari dalam tubuh.

3. Menurunkan berat badan
Ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Beberapa peneliti menduga polifenol, khususnya katekin yang bertanggung jawab dalam proses pembakaran lemak.

4. Mencegah aterosklerosis
Antioksidan yang ada di teh hijau dipercaya bisa untuk mencegah penumpukkan lemak di dalam pembuluh darah dengan menekan proses oksidasi LDL (kolesterol jahat). Antioksidan ini juga mengurangi kemungkinan penggumpalan darah dan membantu arteri (pembuluh darah) menjadi rileks sehinga dapat melancarkan aliran darah.

5. Rileksasi
Minum secangkir teh hijau hangat dapat membantu menghasilkan perasaan rileks dan meningkatkan daya ingat karena kandungan asam amino L-teanin di dalamnya.

6. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh
Penelitian yang dilakukan The Brigham and Women’s Hospital menyebutkan bahwa kandungan teanin dalam teh hijau meningkatkan kapasitas sel Gamma Delta T untuk melawan penyakit dan membantu tubuh melawan infeksi.

7. Mencegah Kerusakan Gigi
Pembentukan plak gigi, koloni bakteri yang terbentuk pada permukaan gigi menyebabkan kerusakan gigi, telah terbukti dihambat oleh katekin. Teh hijau telah terbukti dapat menghambat Streptococcus mutans, bakteri utama yang terlibat dalam pembusukan gigi. Penurunan fluiditas membran sel bakteri, disebabkan oleh, hasil catechin dalam kegiatan antiplaque. Teh juga telah terbukti memiliki efek positif dalam melawan penyakit gusi.

Minum dua hingga tiga cangkir teh hijau sehari (mengandung 240 hingga 320 mg polifenol) sangat dianjurkan. Inilah cara terbaik mendapatkan antioksidan teh hijau dari bentuk alaminya.

Loading...
Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan | inicarak | 4.5