Loading...

Selain Enak, Inilah Manfaat Telur Asin

Telur asin pada dasarnya sama seperti telur biasa. Hanya saja telur asin ini dibuat untuk mengawetkan telur. Telur asin biasanya dibuat dari telur bebek. Kenapa telur bebek? Karena telur bebek mempunyai permukaan kulit yang tebal dibanding telur ayam. Baca: cara membuat telur asin

Cara Membuat Telur Asin

Adapun cara membuat telur asin yaitu dengan cara membungkus telur dengan campuran abu dan garam dan didiamkan selama seminggu.

Ciri-ciri Telur Asin Berkualitas

Telur asin yang berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri berwarna jingga terang hingga kemerahan pada kuning telurnya. Bagian kuning telur ini juga kering, tidak menimbulkan bau amis dan rasa asin tidak menyengat.

loading...

Manfaat Telur Asin

Menurut ahli gizi, telur asin banyak mengandung karbohidrat tinggi, protein dan lemak yang baik untuk tubuh. Telur asin juga bisa menetralisir racun di dalam tubuh. Selain rasa dan khasiatnya yang enak, harga telur asin juga cukup murah dan terjangkau.

1. Tercukupinya nutrisi untuk tubuh
Telur bebek yang diasinkan memiliki kandungan nutrisi gabungan berupa lemak, protein, dan juga karbohidrat. Di dalam sebutir telur biasanya terkandung 9 gram protein berkualitas, 1 gram karbohidrat serta 9,6 gram lemak.

2. Kaya vitamin
Telur bebek kaya akan vitamin A dan B12 yang baik untuk tubuh. Juga di dalamnya terkandung vitamin B kompleks, vitamin D dan E.

3. Daya tahan tubuh jadi meningkat
Adanya kandungan selenium dan zat besi membuat telur bebek asin jadi makanan yang bergizi. Zat besi berguna dalam membantu sel darah merah untuk mengalirkan oksigen dan berperan penting untuk memproduksi energi. Sementara itu selenium dapat menunjang fungsi kekebalan tubuh tetap sehat dan membantu memproduksi hormon tiroid.

4. Baik untuk kesehatan tulang
Sejumlah kecil seng, fosfor, dan kalsium terkandung di dalam telur bebek. Dimana kegunaan fosfor dan kalsium sangat berguna untuk kesehatan serta pertumbuhan tulang. Jadi dengan rutin makan telur asin akan membantu tubuh dalam mencegah osteoporosis, serta pada anak-anak bisa membantu pertumbuhan tulangnya.

Bahaya Konsumsi Telur Bebek Asin yang Berlebihan

Banyaknya manfaat dalam mengonsumsi telur asin bukan berarti anda bisa bebas mengonsumsi. Pasalnya kandungan kolesterol dalam telur bebek bisa dibilang cukup tinggi. DImana dalam sebutir telur terkandung sebanyak 619 miligram kolesterol. Ini artinya dua kali lebih tinggi dari batas harian konsumsi kolesterol yang direkomendasikan.

Selain bisa menyebabkan darah tinggi, dengan tingginya kandungan garam di dalamnya juga bisa memperburuk penyakit ginjal, osteoporosis serta bisa memicu serangan asma.

Untuk meminimalisir kemungkinan dari akibat makan telur asin tersebut, maka imbangilah dengan makan sayur-sayuran dan juga buah-buahan. Cukup konsumsi sebutir telur setiap harinya dan bila anda memang sudah memiliki kolesterol yang tinggi sebaiknya hindari dulu untuk mengonsumsinya.

Loading...

Hasil pencarian:

DAEIGARAM
Selain Enak, Inilah Manfaat Telur Asin | inicarak | 4.5