Loading...

Manfaat Tidur untuk Anak, Ternyata Juga Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Tidur tidak hanya menghilangkan rasa kantuk. Selain itu manfaat tidur juga bisa membuat meningkat daya mengingat pelajaran bagi anak.

Menurut Ade Febrina Lestari, Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Akdemik (RSA) UGM, tidur yang berkecukupan bagi anak membuat mereka tidak mudah lupa. Menurut dia, dari berbagai penelitian anak yang memiliki gangguan dalam memori ingatannya setelah dilakukan rehistori terbukti mereka kurang cukup tidur. Bahkan ada beberapa penelitian, ada yang sudah membuktikan jika anak tidur cukup dan teratur kemampuan belajarnya lebih baik, sedangkan anak yang tidurnya tidak teratur memiliki ganggaun menerima pelajaran. Demikian seperti yang dilansir Harianjogja.com.

Saat tidur terutama malam hari hormon pertumbuhan mulai keluar untuk bekerja dan membantu perkembangan sel saraf, regenerasi serta memperbaiki sel saraf yang rusak. Karena itu tidur sangat bermanfaat bagi perkembangan otak anak.

loading...

Mengingat manfaat tidur malam yang begitu besar bagi anak, maka Ade menyarankan agar orangtua mulai memperhatikan tidur anak sejak masih bayi. Dimana, mulai pukul 21.00 WIB anak harus sudah terlelap tidur. Karena saat itulah hormon pertumbuhan bekerja.

Bagaimana dengan manfaat tidur siang bagi anak ?

Sama seperti malam hari, manfaat tidur siang untuk anak pun besar juga pengaruhnya bagi perkembangan anak. Dibandingkan dengan anak yang tidak mau tidur siang, maka anak yang tidur siang secara rutin memiliki pertumbuhan tubuh yang lebih optimal. Demikian menurut hasil penelitian yang dilakukan Medical School Harvard University.

Ketika anak baru mulai merangkan dan berjalan, maka ia akan terus bergerak setiap saat, tidak mau berhenti. Nah, waktu tidur siang adalah wajktu bagi tubuh anak beristirahat. Sehingga ketika anak bangun, maka ia akan bisa merasa lebih segar dan juga dapat kembali aktif bergerak.

Dengan demikian, penting bagi orang tua untuk membiasakan anak tidur di siang hari mengingat begitu besarnya manfaat tidur siang. Namun perlu juga diatur lama waktunya tidur siang, karena bila terlalu lama ini juga akan memberikan dampak yang kurang baik dimana anak justru akan susah bila disuruh tidur cepat di malam hari.

Loading...
Manfaat Tidur untuk Anak, Ternyata Juga Bisa Meningkatkan Daya Ingat | inicarak | 4.5