Loading...

Selain Hemat Biaya, Inilah Manfaatnya Memerah ASI dengan Tangan

Produksi ASI yang banyak seringkali membuat ibu merasakan sakit pada bagian payudara. Padahal si bayi sudah tidak mau lagi menyusu karena kenyang. Lantas bagaimana yang harus dilakukan?

Memerah ASI bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa sakit di bagian payudara karena melimpahnya prosuksi ASI. Dengan memerah ASI ini pun bisa menjadi solusi ketika ibu merasa malu bila harus menyusui bayinya di depan umum.

Ibu tidak perlu merasa khawatir dan ragu bila harus memerah ASI. Karena manfaat dari memerah ASI sama dengan ibu menyusui. Memerah ASI juga bisa merangsang produksi ASI. Sehingga kebutuhan akan nutrisi bayi tetap terpenuhi.

Manfaat Memerah ASI Menggunakan Tangan, Tanpa Alat Pompa ASI

Untuk memerah ASI ibu biasanya menggunakan pompa atau alat khusus untuk memerah ASI. Namun demikian, yang lebih disarankan adalah memerah ASI dengan tangan. Demikian sebagaimana yang dituturkan oleh Nia Umar, Konselor Laktasi dari Asosiasi Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar, beberapa waktu yang lalu sebagaimana yang dikutip dari laman Okezone.

Adapun manfaat dari memerah ASI menggunakan tangan diantaranya yaitu:

1. Tidak merepotkan ibu

Memerah ASI dengan tangan jauh lebih ringan dan mudah. Karena ibu tidak perlu lagi harus direpotkan utnuk membawa banyak bawaan alat pompa ASI.

2. Merangsang payudara bekerja ekstra

Sentuhan kulit di saat memerah ASI dengan tangan dapat merangsang payudara untuk bekerja ekstra. Sehingga berpengaruh terhadap produksi ASI yang melimpah dan lebih sehat.

3. Meningkatkan produksi ASI

Gerakan ritmis pada payudara bisa membantu mempertahankan, serta meningkatkan produksi ASI. Karenanya gerakannya seperti memijat payudara secara perlahan.

4. Mudah dibersihkan

Tangan jauh lebih mudah dibersihkan setelah memerah ASI. Ibu cukup mencuci tangan memakai sabun dan dilap dengan kain kering atau tisu bersih.

5. Menghemat biaya

Memerah ASI dengan tangan bisa menghemat biaya, karena ibu tidak harus membeli alat. Selain itu, pompa ASI juga memiliki potensi rusak karena keseringan dipakai.

Alat pompa ASI bisa saja ketinggalan di rumah karena ibu pergi terburu-buru, dan ini tentunya akan sangat merepotkan. Sementara bila ibu sudah terbiasa memerah ASI dengan tangan, maka tidak akan ada yang namanya ketinggalan alat untuk memerah ASI.

loading...
Loading...
Selain Hemat Biaya, Inilah Manfaatnya Memerah ASI dengan Tangan | inicarak | 4.5