Mengenal Penyakit Vertigo: Penyebab dan Cara Mengobatinya | IniCaraku.com

Mengenal Penyakit Vertigo: Penyebab dan Cara Mengobatinya

Vertigo adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa ‘berputar’ ataupun melayang.

Seseorang yang mengalami vertigo biasanya merasa ruangan berputar di sekitanya. Beberapa penderita vertigo, biasanya mengalami pusing karena migrain, yang dalam kondisi yang sama bisa menyebabkan sakit kepala parah.

Dr Scott Eggers dari Mayo Clinic mengatakan, orang yang mengalami migrain, tiga kali lebih mungkin menderita vertigo dibandingkan orang tanpa migrain.

“Dan hal-hal yang membuat kita menduga kalau pasien mungkin memiliki migrain yang berhubungan dengan vertigo akan mengalami episode vertigo yang berulang yang berhubungan dengan beberapa fitur migrain lainnya,” ujar Dr Eggers.

Ada beberapa penyebab vertigo berikut rinciannya menurut Health24:

  • Trauma di dalam telinga. Di antara gangguan telinga bagian dalam, vertigo paling sering karena mabuk.
  • Kelainan di telinga bagian dalam (sistem vestibular perifer) atau saraf vestibular, batang otak dan cerebellum (sistem vestibular sentral).
  • Kelompok abnormal partikel kalsium di telinga bagian dalam, yang dikenal sebagai benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, dan gangguan saraf vestibulocochlear juga bisa menyebabkan vertigo.
  • Gangguan lain dari telinga bagian dalam atau saraf yang bertanggung jawab untuk koneksi vertigo, termasuk infeksi bakteri, dan tumor saraf seperti tumor saraf pendengaran. Obat-obatan tertentu seperti antibiotik, antikanker, antiepilepsi, dan obat-obatan antipsikotik bisa merusak dalam telinga.
  • Penurunan suplai darah ke batang otak dan otak kecil dapat menyebabkan vertigo.

Gangguan lainnya yang kurang umum dan terkait dengan vertigo adalah:

  • Multiple sclerosis
  • Patah tulang di dasar tengkorak
  • Cedera kepala
  • Kejang
  • Infeksi
  • Tumor yang tumbuh di atau dekat pangkal otak

Vertigo kadang-kadang bisa menjadi bagian dari serangan migrain dan kadang-kadang terjadi tanpa sakit kepala. Vertigo juga disebabkan gangguan tiba-tiba yang meningkatkan tekanan di dalam tengkorak, menempatkan tekanan pada otak. Gangguan ini meliputi hipertensi intrakranial, tumor otak dan pendarahan dalam skull.

Orang dengan vertigo memiliki rasa yang tidak biasa dan tidak nyaman karena lingkungannya atau keduanya sedang berputar. Sensasi gerakan ini disebut vertigo subyektif dan persepsi dari gerakan benda-benda di sekitarnya disebut vertigo objektif.

Beberapa pasien menggambarkan perasaan ditarik ke lantai atau ke arah satu-sisi ruangan. Pindah kepala, mengubah posisi, dan berbalik sambil berbaring sering memperburuk vertigo.

Untuk cara mengobati vertigo ada beberapa cara. Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan makanan. Penderita vertigo bisa meringankan beberapa gejala dan mencegah timbulnya pusing di masa depan dengan makanan di bawah ini.

  • Jahe: Beberapa studi telah menunjukkan jahe secara efektif mengurangi dan menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh pusing.
  • Buah citrus: Buah jeruk, termasuk jeruk, grapefruits, limes, dan lemon, semuanya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Vitamin, sebuah antioksidan kuat, telah terbukti efektif dalam mengobati beberapa bentuk vertigo bila dikombinasikan dengan Glutathione, antioksidan lainnya.
  • Bawang putih, bayam, paprika: Bawang putih yang tinggi Vitamin B6 merupakan pengobatan efektif untuk mengurangi vertigo. Bayam dan paprika juga mengandung Vitamin B6 dalam jumlah tinggi: Ginkgo Biloba: Ekstrak dari ginkgo biloba, pohon asli Jepang, telah digunakan Secara medis untuk mengobati gejala vertigo pada pasien dengan kerusakan reseptor vestibular.

(sumber:health/liputan6)

IniCaraku.com Search form