Loading...

Mengetahui Jenis Penyakit Melalui Perubahan Warna Kuku

Kuku tidak hanya diciptakan sebagai pelengkap jari jemari kita. Namun lebih dari itu, warna dari kuku kita bisa menunjukkan jenis penyakit yang ada dalam tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa tanda pada kuku yang perlu diwaspadai seperti yang dilansir laman WebMD :

1. Kuku bergelombang
Bila permukaan kuku seperti bergelombang atau berbintik, hal ini menjadi tanda awal psoriasis atau inflammantory arthritis (radang sendi). Perubahan lain yang biasa terjadi adalah, kulit di bawah kuku terlihat memerah hingga coklat.

loading...

2. Kuku pucat
Kuku yang sangat pucat merupakan indikasi penyakit seperti anemia, penyakit liver, malnutrisi, dan gagal jantung kongestif.

3. Kuku putih
Bila warna kuku Anda didominasi warna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, maka hal ini mungkin merupakan tanda penyakit liver seperti hepatitis. Masalah liver lainnya ditandai warna kuku yang kekuningan.

4. Kuku kebiruan
Kuku kebiruan menandakan tubuh tidak mendapat cukup pasokan oksigen. Hal ini bisa mengindikasikan infeksi paru, misalnya pneumonia. Beberapa masalah jantung juga bisa dihubungkan dengan kuku yang kebiruan.

5. Kuku kuning
Salah satu tanda umum bila kuku berwarna kuning adalah adanya infeksi jamur. Bila infeksi semakin parah kuku menjadi seperti tertarik, kemudian menebal dan rapuh. Pada beberapa kasus, kuku kuning mengindikasikan penyakit tiroid, paru, diabetes, atau psoriasis.

6. Kuku bengkak dan terlipat
Bila kulit di sekitar kuku terlihat merah dan membengkak, hal ini merupakan tanda adanya radang pada lipatan kuku. Gejala ini bisa terjadi akibat lupus atau kerusakan sambungan jaringan lainnya. Infeksi juga bisa menyebabkan kemerahan atau radang pada lipatan kuku.

7. Kuku yang pecah atau terbelah
Kuku yang kering dan rapuh hingga sering pecah, merupakan tanda penyakit tiroid. Kuku pecah yang kekuningan menjadi tanda infeksi jamur.

8. Garis hitam di bawah kuku
Kondisi ini harus diperiksakan sesegera mungkin. Garis vertikal berwarna kehitaman pada kuku dapat menjadi penanda melanoma, tipe kanker kulit yang paling ganas.

9. Sering mengigit kuku
Menggigiti kuku mungkin tak lebih dari kebiasaan lama. Tapi pada beberapa kasus hal ini menandakan kegelisahan yang terus ada. Menggigiti kuku bisa dihubungkan dengan gangguan kejiwaan dan perilaku obsesive-compulsive. Jika tak bisa berhenti, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter

Bagaimanapun kuku hanya bagian kecil dari tubuh kita. Kuku tidak bagian pertama yang berubah bila terjadi sesuatu pada tubuh. Perubahan kuku juga tidak selalu sama pada semua orang. Tidak semua orang dengan kuku putih memiliki diabetes. Jika khawatir dengan penampilan kuku, ada baiknya segera kunjungi dermatologis.

Loading...
Mengetahui Jenis Penyakit Melalui Perubahan Warna Kuku | inicarak | 4.5