Loading...

Mengetahui Tanda-tanda, Penyebab & Cara Mencegah Infeksi Vagina

Tidak sedikit wanita yang mengeluhkan rasa gatal di daerah sekitar vagina, mengalami keputihan abnormal yang disertai dengan bau yang tidak enak. Bila anda wanita yang termasuk bermasalah dengan hal tersebut, maka bisa jadi anda sedang mengalami infeksi vagina yang biasa disebut dengan vaginitis.

Infeksi vagina atau vaginitis adalah penyakit kewanitaan yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita. Ketika hal ini terjadi, maka suasana hati dan berbagai kegiatan harian wanita akan ikut terpengaruh.

Secara medis, infeksi vagina digambarkan sebagai iritasi atau peradangan pada bagian vagina, demikian seperti dikutip dari laman Healthmeup. Beberapa wanita tidak memiliki gejala infeksi vagina sama sekali dan beberapa mungkin memiliki gejala. Beberapa gejala yang mungkin timbul saat wanita mengalami gangguan vaginitis atau infeksi vagina, yaitu:

loading...
  • Mengalami keputihan abnormal yang disertai dengan bau yang tidak sedap.
  • Vagina serasa terbakar dan nyeri saat kencing atau buang air kecil.
  • Terasa gatal di sekitar bagian luar vagina.
  • Merasakan ketidaknyamanan selama melakukan hubungan seksual.
  • Iritasi pada vagina.
  • Vagina mengalami perdarahan.

Untuk mencegah dan meminimalisir risiko terjadinya infeksi vagina, ada beberapa hal yang bisa wanita lakukan. Diantaranya:

  1. Menjaga agar daerah vagina tetap bersih dengan cara membersihkannya dengan baik setiap hari.
  2. Menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan vagina iritasi, seperti penggunaan sabun mandi biasa dan menyemprot spray pembersih vagina.
  3. Saat membersihkan daerah vagina, anda harus mengelap dari daerah depan ke belakang. Ini harus dilakukan untuk mencegah bakteri di sekitar anus memasuki vagina.

Adapun penyebab infeksi vagina diantaranya adalah karena infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi protozoa, dermatitis kontak (suatu penyakit kulit yang ditandai dengan adanya peradangan, gatal-gatal, dan bercak yang nyeri setelah kontak dengan luka iritasi) atau reaksi alergi.

Loading...

Hasil pencarian:

penyebab infeksi vagina, macam2 bentuk vagina, infeksi vagina, ciri ciri infeksi kewanitaan
Mengetahui Tanda-tanda, Penyebab & Cara Mencegah Infeksi Vagina | inicarak | 4.5