Loading...

Merokok, Penyebab Utama Infertilitas pada Pria

Ada banyak dampak buruk yang timbul akibat dari kebiasaan merokok, salah satunya adalah menyebabkan infertilitas pada kaum pria.

Infertilitas sendiri merupakan istilah yang digunakan pada kondisi dimana pasangan suami istri gagal mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual, setelah beberapa lama.

Tidak hanya bagi kesehatan, merokok juga juga mampu mempengaruhi kesuburan baik pria maupun wanita. Sebagaimana yang diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan kehamilan dibutuhkan sperma dan sel telur yang baik.

loading...

Terkait hubungan antara merokok dan infertilitas, sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup, Dr Rita Bakshi dari International Fertility Centre menjelaskan bagaimana untuk anda.

Konsentrasi sperma
Konsentrasi sperma mengacu pada jumlah sperma yang diukur secara kuantitas di dalam sperma. Penelitian telah menunjukkan, terjadi penurunan konsentrasi sperma sebesar 23 persen pada pria dengan kebiasaan merokok.

Motilitas sperma
Motilitas sperma mengacu pada kemampuan berenang si sperma. Jika sperma tak bisa berenang dengan baik, mereka mungkin mengalami kesulitan mencapai sel telur dan menghasilkan pembuahan. Pada pria yang merokok, para peneliti menemukan terjadi penurunan motilitas sperma sebesar 13 persen.

Morfologi sperma
Morfologi sperma mengacu pada bentuk utuh sebuah sperma. Sperma berbentuk aneh mungkin tak akan bisa berenang dengan cukup baik untuk mendapatkan telur dan menghasilkan pembuahan. Perokok laki-laki memiliki bentuk sperma yang sehat sangat sedikit ketimbang non-perokok. Pria perokok mungkin juga memiliki tingkat hormon yang abnormal, yang bisa memengaruhi kesuburan.

Jadi, masih tetap mau merokok? Sebaiknya jangan deh. Atau mungkin anda ingin berhenti merokok tapi susah melakukannya. Mau tahu caranya? Silahkan baca tips cara berhenti merokok yang sebelumnya sudah pernah kami ulas di IniCaraku.com.

Loading...
Merokok, Penyebab Utama Infertilitas pada Pria | inicarak | 4.5