Loading...

Mitos dan Fakta Seputar Infertilitas (Ketidaksuburan)

Infertilitas adalah kondisi ketidakmampuan suami-istri untuk mendapatkan kehamilan walaupun telah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa menggunakan alat kontrasepsi selama 1 tahun atau lebih.

Banyak pria yang percaya kalau masalah infertilitas (ketidaksuburan) hanya berkaitan dengan wanita dan hal itu tidak memengaruhi mereka. Namun, Dr. Rita Bakshi dari International Fertility Centre mengatakan bahwa infertilitas bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.

Lebih lanjut, Dr. Rita menjelaskan bahwa banyak informasi menyesatkan mengenai infertilitas yang pada dasarnya mitos atau tidak benar. Namun sayangnya, sebagian orang malah meyakini hal tersebut.

loading...

Nah, agar kita tidak terjebak dengan hal-hal yang mitos, maka tidak ada salahnya apabila anda menyimak mitos-mitos mengenai infertilitas seperti yang dikutip dari laman Healthmeup.

1. Terkait usia
Mitos : Usia tidak memengaruhi kesuburan pria
Fakta : Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa usia tidak memainkan peran penting dalam kesuburan pria. Studi ini menemukan hubungan langsung antara usia ayah dan peningkatan risiko autisme dan skizofrenia. Padahal, usia memengaruhi kesuburan pria.

2. Hanya yang tua
Mitos : Hanya pria yang lebih tua memiliki masalah infertilitas
Fakta : Bahkan anak yang masih muda juga bisa menghadapi masalah infertilitas. Tidak adanya sperma atau jumlah sperma yang sangat sedikit sudah bisa memengaruhi anak muda berumur 20 tahun.

3. Berat badan tidak berpengaruh
Mitos : Berat badan tidak memengaruhi kesuburan
Fakta : Kelebihan berat badan menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk didalamnya adalah memengaruhi kesuburan pria. Obesitas juga menyebabkan kadar estrogen menjadi tinggi dan kadar testosteron menjadi rendah, yang bisa menyebabkan jumlah sperma menurun. Di samping itu, pria yang memiliki berat badan berlebih juga mengalami penurunan libido-nya.

4. Tidak ada hubungannya dengan merokok
Mitos : Merokok tidak memengaruhi kesuburan pria
Faktanya : Merokok bisa meningkatkan infertilitas laki-laki sebesar 30 persen.

5. Berhubungan seks setiap hari
Mitos : Berhubungan seks setiap hari bisa meningkatkan kesuburan
Fakta : Berhubungan seksual setiap hari tidak akan meningkatkan kesuburan, malah hal itu bisa menurunkan peluang seseorang untuk hamil. Sebagaimana diketahui bahwa sel telur memiliki hidup hanya 24 jam dan melakukan hubungan seks lebih sering dari biasanya hanya akan bekerja saat masa subur wanita saja.

Loading...
Mitos dan Fakta Seputar Infertilitas (Ketidaksuburan) | inicarak | 4.5