Loading...

Mitos Tentang Tidur yang Tidak Boleh Anda Percayai

Tidur adalah kebutuhan primer manusia yang bermanfaat untuk mengistirahatkan sebagian besar anggota tubuhnya. Di masyarakat, banyak berkembang mitos yang sebagian mitos tersebut adalah menyesatkan dan omong kosong belaka yang belum tentu bisa dibuktikan kebenarannya.

Berikut ini adalah beberapa mitos tentang tidur yang ternyata tidak bisa dibuktikan kebenarannya sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Tidur Selama 6 Jam
Tubuh memerlukan istirahat tidur setidaknya enam jam setiap harinya, demikian yang banyak diyakini di masyarakat kita. Padahal, hal tersebut sebenarnya hanyalah mitos. Karena jumlah tidur yang dibutuhkan oleh seseorang tergantung pada mekanisme tubuhnya. Tidur selama 4,5 jam dalam sehari sebenarnya tidak akan mengganggu aktivitas kehidupan anda.

loading...

2. Tidur Siang
Anggapan bahwa tidur siang bisa menyebabkan tubuh menjadi terasa lelah juga banyak berkembang di masyarakat. Faktanya, tidur siang selama 15 menit bisa membuat tubuh anda menjadi lebih aktif.

3. Hutang Tidur
Tidur selama akhir pekan dilakukan tidak saja oleh sedikit orang dengan tujuan untuk memuaskan sebagai ganti dari kurangnya tidur selama sibuk bekerja. Kenyataannya, tubuh tidak memiliki mekanisme untuk tidur terlalu lama dalam sehari. Bila hal tersebut dilakukan, maka kebiasaan tersebut hanya akan menganggu kesehatan anda.

4. Tidak Mempedulikan Waktu Tidur
Adalah kesalahan terbesar yang banyak dilakukan oleh orang untuk tidak memperdulikan waktu tidur. Padahal kenyataanya, terbiasa tidur terlalu malam akan memberikan efek secara langsung terhadap metabolisme tubuh meskipun banyak tidur di pagi hari. Orang yang sering terjaga hingga larut malam akan memiliki risiko tiga kali lebih besar terkena depresi.

Loading...
Mitos Tentang Tidur yang Tidak Boleh Anda Percayai | inicarak | 4.5