Loading...

Obat Antinyamuk Manakah yang Paling Aman, Semprot atau yang Oles?

Saat musim penghujan datang, serangan nyamuk penyebar penyakit pun mengancam. Pada umumnya, selain dengan cara memberantas sarang-sarang tempat nyamuk berkembang biak, masyarakat juga kerap memakai obat antinyamuk yang banyak beredar di pasaran. Namu demikian, apakah jenis antinyamuk yang paling aman?

Menurut penjelasan dari Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (PPBB) Kementerian Kesehatan, dr. Rita Kusriastuti, M.Sc. , obat antinyamuk semprot biasanya dipakai membunuh nyamuk terbang. Sementara obat antinyamuk bakar dan repellent (obat oles) hanya digunakan untuk mengusir nyamuk. Jika ditilik dari segi kandungan, maka obat antinyamuk repellent yang paling sederhana.

Meski demikian, penggunaan obat nyamuk oles harus melihat riwayat alergi pemakai. Jika setelah menggunakan menimbulkan reaksi kemerahan atau rasa gatal setelah, maka pemakaian obat nyamuk oleh sebaiknya dihentikan.

loading...

Obat antinyamuk oles juga tidak dianjurkan untuk dipakai terlalu sering. “Hati-hati penggunaan pada anak-anak. Hindari anak memakai sendiri. Kalau mereka memakai sendiri, sebaiknya segera cuci tangan setelah memakai,” tegas Rita.

Dan khusus untuk bayi, kawat kasa atau kurungan bayi bisa dipakai. Atau, bisa juga pakai minyak kayu putih, minyak telon, atau minyak serai untuk mencegah gigitan nyamuk.

Loading...

Hasil pencarian:

obat nyamuk semprot paling bagus, anti nyamuk semprot paling aman, obat nyamuk oles paling bagus
Obat Antinyamuk Manakah yang Paling Aman, Semprot atau yang Oles? | inicarak | 4.5