Obat Batuk Alami dari Belimbing Wuluh | IniCaraku.com

Obat Batuk Alami dari Belimbing Wuluh

Saat batuk menyerang, pekerjaan dan konsentrasi bisa menjadi kacau balau. Untuk itu, perlu kiranya untuk segera mengobati batuk tersebut.

Sebenarnya, ada banyak obat batuk yang beredar di pasaran. Namun demikian tak ada salahnya untuk membuat sendiri obat batuk herbal yang alami. Selain mudah, obat batuk dengan bahan alami juga lebih sedikit efek sampinya dibandingkan dengan obat modern.

Salah satu obat batuk herbal yang bisa digunakan adalah belimbing wuluh.

1. Segenggam bunga belimbing wuluh beberapa butir adas gula secukup dan air 1 cangkir ditim selama beberapa jam.

2. Segenggam daun belimbing wuluh segenggam bunga dan 2 buah belimbing gula batu rebus dgn 2 gelas air sampai air tinggal setengah saring minum 2 kali sehari.

3. Buah belimbing wuluh dibuat manisan sehari makan 3 kali 6-8 buah.

4. Daun bunga buah belimbing wuluh yang masing-masing sama banyak direbus dalam air yang mendidih selama 1/2 jam dan minum airnya.

5. Sebanyak 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temu-giring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok dicuci dan dipotong-potong seperlu direbus dgn 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring diminum dgn madu seperlunya. Sehari 3 kali 3/4 gelas.

6. Obat batuk pada anak : Segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

7. Untuk Mengatasi batuk rejan : Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.


IniCaraku.com Search form