Obat Batuk Alami dengan Jeruk Nipis dan Kecap | IniCaraku.com

Obat Batuk Alami dengan Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis bisa membuat citarasa hidangan menjadi lebih segar dan tidak enek. Selain sebagai penyegar makanan, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati batuk.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai obat batuk juga sangat mudah. Jeruk nipis dibelah, lalu diperas dan ditetesi sedikit kecap lalu diminum. Bisa juga dengan cara belahan jeruk nipis tadi dioleskan atau digosokkan ke leher setelah sebelumnya dicampur kapur sirih.

Pada dasarnya kecap tidak berkhasiat untuk mengobati batuk, sifatnya hanya sebagai pengurang keasaman air jeruk. Jadi, kalau tidak suka dengan kecap bisa juga jeruk nipis dicampur dengan air gula, madu atau kapur sirih.

Selain sebagai obat batuk, buah jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, obat sembelit, jerawat, mencegah rambut rontok, menambah nafsu makan, mengatasi suara serak, dan masih banyak lagi.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mengandung minyak astiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda. Menurut Prof dr Sumali Wiryowidagdo, ahli herbal, jeruk nipis banyak dipakai sebagai komponen obat herbal karena pada zaman dahulu tanaman jeruk nipis banyak ditemukan di halaman rumah.


IniCaraku.com Search form