Obat Diare Alami: Cara Mengobati Diare atau Mencret Secara Alami | IniCaraku.com

Obat Diare Alami: Cara Mengobati Diare atau Mencret Secara Alami

Diare atau mencret adalah suatu kondisi dimana seseorang buang air besar berkali-kali dalam satu hari yang melebihi batas normal. Semua orang bisa terkena diare, dari bayi hingga orang tua. Jika terlalu lama, diare bisa menyebabkan dehidrasi, tubuh jadi lemas bahkan juga bisa berakibat pada kematian.

Salah satu cara alami untuk mengobati diare atau mencret adalah dengan menggunakan jambu biji. Buahnya kaya akan vitamin C. Daun dan buah mudanya bisa digunakan untuk mengobati diare. Sedangkan akarnya cukup ampuh dalam mengatasi disentri awal (stadium dua).

Menurut penelitian, rebusan daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus, yang digunakan sebagai dasar penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare akibat infeksi (Yuniarti, 1991).

Cara mengobati diare atau mencret menggunakan jambu biji yaitu rebuslah daun jambu biji kering sebanyak 15-30 gram ke dalam 150-300 ml air. Patokannya adalah setiap satu gram daun kering direbus dalam 10 ml air.

Lama perebusan sekitar 15 menit, dihitung sejak air mendidih. Hasil rebusan kemudian disaring, dan airnya diminum sebagai obat diare.

Kemudian bisa juga menggunakan daun jambu biji yang masih segar. Caranya 12 lembar daun segar, lantas dicuci bersih dan ditumbuk halus. Tambahkan setengah cangkir air masak dan garam secukupnya.

Ramuan ini kemudian diperas dan disaring. Airnya hasil perasan ini langsung diminum. Agar rasanya lebih sedap, boleh juga ditambahkan madu.

Biasanya dalam waktu selambatnya tiga hari, diare sudah mereda. Jika setelah 3 hari ternyata diare atau mencret tidak kunjung berhenti ada baiknya bila anda segera pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

IniCaraku.com Search form