Loading...

Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Masa Kehamilan

Saat kehamilan memasuki trimester kedua, itu adalah masa pertumbuhan janin. Pada kehamilan trimester kedua, perut wanita akan mengembang dan akan mulai merasakan ada yang hidup dalam dirinya.

Mengandung anak pada trimester kedua merupakan waktu bagi wanita hamil untuk membangun kekuatan untuk menjaga tingkat energinya. Karena itu, wanita yang sedang hamil pada trimester kedua tetap disarankan untuk berolahraga. Walau demikian, melakukan olahraga pada masa kehamilan trimester kedua harus memilih jenis olahraga yang sederhana dan bisa menyegarkan tubuh.

Sebagai acuan, seperti yang dikutip dari laman Boldsky, anda bisa mencoba jenis olahraga untuk ibu hamil di trimester kedua berikut ini.

loading...

1. Stationary bicycling (sepeda yang tak bergerak)
Anda bisa melakukan latihan ini di rumah atau di gym. Kuncinya adalah anda tidak memaksakan diri. Karena olahraga berat akan menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke otot-otot, kulit, dan mengurangi darah ke rahim serta bayi.

2. Latihan beban
Pada saat kehamilan berlanjut sampai trimester kedua, ibu hamil dianjurkan untuk menjaga berat badan agar tetap dalam kontrol. pada saat melakukan latihan beban, jangan memaksakan diri atau menahan napas di tengah latihan.

3. Pekerjaan rumah tangga
Melakukan pekerjaan rumah juga bisa jadi salah satu jenis olahraga terbaik bagi ibu hamil. Salah satu pekerjaan yang bisa ibu hamil lakukan adalah menyapu. Tapi perlu ibu hamil ingat, sebaiknya hindari untuk mengangkat benda berat dan selalu menyempatkan istirahat di sela melakukan pekerjaan rumah.

4. Tai chi
Tai chi adalah salah satu latihan yang sangat baik untuk tubuh ibu hamil pada masa kehamilan di trimester kedua. Namun ingat, Anda harus memerhatikan gerakan. Karena gerakan olahraga ini lebih lambat daripada gerakan kita biasanya. Sehingga ini bisa berisiko kehilangan keseimbangan atau mengalami keseleo.

5. Olahraga aerobik
Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang direkomendasikan pada trimester kedua bila kehamilan ibu berjalan normal. Melakukan olahraga ini akan bermanfaat membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung. Yang terpenting, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter yang bisa membantu mandapatkan program olahraga yang tepat untuk Anda dan janin.

Loading...
Olahraga untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Selama Masa Kehamilan | inicarak | 4.5