Loading...

Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Ibu Melahirkan

Setelah melahirkan, kondisi ibu memang tidak akan langsung pulih dalam waktu yang cepat. Namun demikian, sederet aktivitas fisik tetap perlu dilakukan.

Jika Anda ingin melakukannya, ada baiknya bila Anda memperhatikan olahraga yang tepat agar kesehatan reproduksi pulih secara sempurna. Seperti yang dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie, berikut beberapa jenis olahraga yang mesti ibu tunda lebih dulu untuk dilakukan setelah melahirkan.

Lari
Ibu yang baru melahirkan tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga lari karena jaringan ikat lebih kendur. Karena semua jaringan melebar dan terbuka, maka sendi-sendinya juga ikut kendur sehingga jaringan dan sendi tersebut mudah cedera.

loading...

Setelah melahirkan, otomatis berat badan ibu masih berlebih, maka bobot tubuh akan menekan lebih pada bagian panggul, pinggang, dan lutut. Oleh sebab itu lari tidak diperbolehkan dulu. Olahraga lari baru diperbolehkan jika berat badan ibu sudah kembali mendekati seperti semula.

Biasanya setelah melahirkan payudara membesar karena terdapat ASI. Jika melakukan aktivitas lari, payudara akan terasa lebih sakit akibat terguncang-guncang dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Aerobik & High Impact
Selain lari, jenis olahraga lain yang sebaiknya ditunda dulu adalah aerobik dan gerakan high impact yaitu gerakan menghentak-hentak dan melompat dengan sangat cepat. Hal ini karena dikhawatirkan sendi-sendinya masih longgar sehingga mudah cedera.

Loading...

Hasil pencarian:

olahraga lari setelah melahirkan
Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Ibu Melahirkan | inicarak | 4.5