Loading...

Penyebab Bau Badan yang Harus Anda Tahu

Bau badan dan bau mulut merupakan permasalahan yang seringkali mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Sebenarnya mempunyai bau badan adalah hal yang normal. Namun jika memiliki bau badan yang berlebih tentunya akan sangat mengganggu. Diet, pekerjaan, suasana hati, genetika dan obat-obatan bisa jadi penyabab munculnya bau badan.

Salah satu cara ampuh dan sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan menggunakan deodoran. Namun jika penggunaan deodoran terlalu sering ini justru bisa berpengaruh buruk untuk tubuh kita. Sebelum kita cari cara untuk menghilangkan bau badan, maka ada baiknya bila kita terlebih dahulu mengetahui apa saja yang yang bisa menyebabkan bau badan.

Kelainan genetik

loading...

Orang-orang tertentu secara genetik cenderung memiliki bau tubuh yang kuat. Sebuah kelainan genetik langka trimetilaminuria (trimetil amina di dalam urin ), ditandai dengan bau amis di napas, keringat dan urin. Sindrom ini disebabkan oleh cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.

Gejolak hormon

Hormon androgen pada anak-anak yang sedang menjalani masa puber dapat meningkatkan produksi kelenjar apokrin.

Diet yang tidak seimbang

Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.

Stres

Kelenjar apokrin biasanya mengeluarkan keringat lebih banyak saat Anda sedang mengalami stres emosional (marah, takut, gembira). Bila tidak segera mandi, bakteri akan mengurai zat tersebut sehingga menyebabkan bau badan.

Penyakit

Beberapa penyakit dapat menyebabkan bau badan yang buruk. Salah satu penyakit paling umum yang dapat menyebabkan bau badan adalah diabetes. Hal ini terutama terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau badan tetapi juga menyababkan nafas bau.

Bau badan yang buruk juga bisa menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Kadang-kadang, tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan.

Loading...

Hasil pencarian:

setelah menikah badan bau
Penyebab Bau Badan yang Harus Anda Tahu | inicarak | 4.5