Loading...

4 Jenis Penyakit yang Sering Ditandai dengan Gejala Awal Nyeri Pinggang

Sungguh terasa begitu menyakitkan ketika nyeri pinggang datang menyerang. Namun ternyata tidak sedikit orang yang justru menyepelekan rasa sakit yang muncul di pinggang tersebut. Padahal ketika rasa sakit tersebut terus dibiarkan maka tentu saja menjadikan orang tersebut merasakan begitu tersiksa.

Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami yang namanya sakit pinggang, entah itu kaum pria atau juga wanita. Namun menurut hasil dari penelitian disebutkan bahwa dibanding dengan pria, kaum wanita memiliki resiko yang lebih besar terserang penyakit ini.

Sebagaimana yang dilansir oleh laman Boldsky, bahwa kaum wanita pada usia 20-60 tahun lebih rentan mengalami sakit pinggang daripada pria. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kaum wanita berusia 50 ke atas yang mengalami osteoporosis. Masalah ini bukanlah tanpa ada alasan, kebanyakan kaum wanita mengalami nyeri pinggang karena lebih banyak ragam aktivitas berat yang dilakukan mereka.

loading...

Selain karena kelelahan, nyeri sendi juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan lainnya dalam tubuh. Apa saja penyakit yang sering diawali dengan gejala nyeri sendi? Berikut diantaranya:

1. Radang otot
Tendon atau jaringan ikat pada otot lebih banyak berada di pinggang. Rasa nyeri yang muncul pada pinggang ini bisa menjadi pertanda peradangan otot. Biladibiarkan terus, maka pinggang akan merasakan sangat sakit sehingga akan membuat anda menjadi tidak bisa melakukan apapun.

2. Radang sendi
Peradangan sendi atau yang juga disebut dengan artritis merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi dengan gejala awal berupa nyeri pinggang. Selain nyeri, gejala lain dari penyakit nyeri sendiri ini yaitu pembengkakan pada bagian tubuh yang membatasi pergerakan. Bila masalah ini terus dibiarkan, maka bukan mustahil bila kondisi ini akan semakin buruk hingga bisa mengakibatkan penyakit kronis seperti osteoporosis.

3. Obesitas
Selain penyakit kronis, masalah nyeri pinggang juga bisa menjadi pertanda bila tubuh mengalami masalah kelebihan berat badan. Biasanya seseorang yang mengalami obesitas akan lebih sering merasakan nyeri, terutama adalah di bagian pungggung. Adapun hal ini adalah disebabkan oleh terus bertambahnya tekanan yang berasal dari berat tubuh yang terus meningkat. Dan bila ini terus dibiarkan, maka bisa jadi saraf yang ada pada bagian punggung akan terjepit dan saluran tulang belakang jadi menyempit.

4. Sciatica
Sciatica adalah nyeri yang disebabkan oleh adanya saraf yang terjepit. Pada umumnya penyakit ini menyerang bagian panggul yang memiliki saraf terpanjang dari bagian tubuh lainnya. Tidak hanya nyeri, namun juga anda akan merasakan kram serta kaku pada bagian pantat setelah duduk dalam waktu yang lama. Bila penanganan yang dilakukan terhadap masalah ini tidak benar, maka akibatnya penyakit ini akan mengganggu aktivitas karena membuat si penderita mengalami kesulitan berdiri bahkan hingga berjalan pun susah dilakukan.

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang umumnya diawali dengan berupa munculnya gejala nyeri pinggang. Oleh karena itu supaya anda terhindar dari masalah tersebut, maka akan lebih baik bila anda memulai dengan segera untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Mulailah dari hal yang sederhana, misalnya dengan melakukan olahraga ringan selama 30 menit dan mengatur pola makan.

Loading...
4 Jenis Penyakit yang Sering Ditandai dengan Gejala Awal Nyeri Pinggang | admin | 4.5