Loading...

Penyebab Bau mulut

Selain bau badan, memiliki bau mulut juga sangat mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Seseorang akan jadi tidak berani (jarang) berbicara jika sedang dihadapan orang yang jaraknya terlalu dekat dengannya. Berikut ini adalah beberapa penyebab bau mulut yang sebaiknya anda tahu:

1. Karies gigi susu gigi berlubang

Ini adalah proses perusakan yang disebabkan oleh dekalsifikasi atau hancurnya email dan dentin gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang. Umumnya disebabkan oleh Laktobasilus. Zat makanan disimpan didalam lubang ini dan diuraikan oleh bakteri anaerob yang menghasilkan bau mulut. Menyikat gigi seperti biasa tidak akan menghilangkan sisa makanan dalam lubang ini dengan mudah. Karies umumnya terjadi pada anak-anak sekolah dan mereka yang tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik. Kekurangan kalsium dan vitamin dapat menjadi faktor pembentuk karies.

loading...

2. Makanan beraroma tajam

Makanan seperti bawang putih, durian, petai, jengkol atau ikan, juga menyebabkan bau mulut, bahkan meski kita sudah menyikat gigi.

3. Gangguan perut

Kadang kala gangguan di perut atau usus bisa menyebabkan bau mulut, terutama saat bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga menyebabkan ketosis, pembakar lemak di tubuh yang menyebabkan bau naga.

4. Bakteri

Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai bakteri. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi dan permukaan lidah. Saat bakteri-bakteri itu berkembang biak dan menumpuk mereka akan mengeluarkan racun dan bau yang kurang sedap.

5. Tonsil

Lubang di bagian dalam tonsil (amandel) disebut crypts, merupakan salah satu biang keladi halitosis. Pada bulatan-bulatan jaringan limfe di tonsil yang membengkak sering terselip sisa makanan dan kuman sehingga menimbulkan bau tidak enak.

6. Mulut kering

Kurang minum air dan mulut yang kering juga merupakan kontributor penyebab masalah bau mulut. Karena itulah, ketika bangun tidur di pagi hari bau mulut kita kurang sedap. Bau ini biasanya hilang setelah kita sikat gigi dan minum air.

7. Kebiasaan buruk

Hindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum kopi bila Anda ingin napas selalu segar.

8. Penyakit

Bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya penyakit seperti infeksi saluran napas, infeksi sinus kronis, diabetes, gangguan ginjal, lever, dan asam refluks kronis.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa coba dengan rajin menggososk gigi dan perbanyak minum air putih.

Loading...
Penyebab Bau mulut | inicarak | 4.5