Loading...

Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis

Penyakit kulit Pitted Keratolysis adalah masalah yang terjadi pada telapak kaki dimana muncul lubang-lubang kecil dangkal akibat dari adanya infeksi bakteri. Penyakit kulit Pitted Keratolysis juga biasa dikenal dengan sebutan kaki rayapan, karena indikasi yang dimunculkan memang seperti dimakan rayap, yaitu munculnya lubang-lubang kecil.

Selain mengganggu aktivitas dan penampilan, masalah kaki rayapan yang bolong-bolong ini juga bisa menimbulkan bau sehingga menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Bau yang tidak mudah sekali muncul ketika kondisi kaki lembab atau berkeringat.

Gambar Penyakit Kulit Telapak Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis

Penyakit Kulit Telapak Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis

loading...

Penyebab Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan

Pada umumnya penyebab kaki rayapan disebabkan oleh bakteri Coryneform yang memproduksi enzim proteolitik saat mencerna keratin yang merupakan protein resiliensi (tangguh) yang memberikan kulit kekuatan dan ketangguhan. Meskipun penyebab penyakit ini karena bakteri, namun ini tidak menular.

Cara Mencegah Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan

Penyakit kaki rayapan lebih sering muncul ketika kondisi kaki seseorang sering lebab. Biasanya dikarenakan keringat. Karena itu, untuk mencegah kaki rayapan maka terlebih dahulu kita harus mengobati keringat berlebih yang muncul pada telapak kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih pada kaki bisa dilakukan dengan memakai kaus kaki yang terbuat dari bahan katun 100% untuk membantu menjaga agar kaki tetap kaki kering. Beberapa cara lain untuk mencegah terkena penyakit kaki rayapan atau Pitted Keratolysis bisa dilakukan diantaranya dengan:

  • Menghindari untuk memakai sepasang sepatu yang sama lebih dari dua hari berturut-turut. Setelah memakai sepatu dan sebelum kembali memakainya, usahakan sepatu sudah mengering selama sedikitnya 24 jam.
  • Sama seperti sepatu, kaus kaki juga perlu diangin-anginkan ketika tidak dipakai.
  • Setiap harinya kaki juga harus rajin dibersihkan dengan sabun antibakteri atau antiseptik, atau bahkan bila perlu juga kaki disikat dengan sikat atau batu untuk menghilangkan sel kulit yang sudah mati.
  • Pastikan untuk mengeringkan kaki setelah mandi, apalagi saat akan memakai sepatu. Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan kaki setelah mandi atau berendam.
  • Setiap harinya usahakan untuk memakai antiperspiran pada telapak kaki.
  • Hindarilah memakai sepatu yang ketat ataupun sepatu tertutup yang tanpa berventilasi. Sepatu ketat akan menyebabkan kaki cepat berkeringat, terutama jika kondisi di luar cukup panas.
  • Untuk cara mencegah kaki lembab, maka jangan biarkan kaki berkeringat karena panas dan lembab. Karena itu, biarkan kaki sering mendapatkan sirkulasi udara dan kesejukan. Jika memungkinkan melepas sepatu, ada baiknya untuk melepasnya.
  • Pakailah kaus kaki yang bahannya dari katun. Bahan ini bisa menambah daya serap, dan usahakan untuk sering menggantinya.

Cara Mengobati Penyakit kulit Pitted Keratolysis atau Kaki Rayapan

Kaki rayapan yang ditandai dengan munculnya lubang-lubang kecil pada telapak kaki ini bisa menyebabkan bau kaki tidak sedap dan cukup menyengat yang tentu saja akan membuat tidak nyaman orang yang ada di sekitarnya. Karena itu, ketika kaki anda bermasalah dengan kaki rayapan atau Pitted Keratolysis, maka segeralah diobati.

Ada beberapa cara untuk mengobati kaki rayapan yang sebanrnya bisa dicoba. Meski cara ini cukup unik dan bukan resep dari dokter, namun bisa dicoba untuk mengobati kaki rayapan.

Cara pertama. Cucilah sampai bersih telapak kaki dan keringkan. Kemudian teteskan cairan asam cuka ke kapas untuk selanjutnya oleskan sampai merata hanya dibagian telapak kaki yang terserang. Biarkan hingga kering. Cara ini bisa diulagi selama seminggu. Untuk pengobatannya sendisi bisa dilakukan setiap pagi dan malam menjelang tidur atau bisa juga satu kali menjelang tidur saja.

Cara kedua. Bisa dilakukan dengan mengoleskan air aki pada telapak kaki yang terkena rayapan. Ambil air aki dari motor yang baru saja dipakai dengan kapas atau kain. Lalu oleskan secara merata pada telapak kaki yang terkena rayapan.

Salah satu obat yang dijual di apotik yang bisa dicoba untuk mengobati kaki rayapan adalah salep nosib cap bison. Bukannya promosi atau iklan, namun obat salep nosib ini memang cukup ampuh untuk mengobati berbagai macam masalah penyakit kulit. Seperti misalnya panu, kurap, kudis, kutu air, bisul, gatal-gatal di sela jari dan selangkangan. Bahkan masalah kuku kaki yang rusak karena sering dibersihkan juga bisa. Dengan salep nosib ini kaki kapalan pun bisa diobati. Asal mau rajin dan telaten mengobatinya dengan mengoleskan salep nosib, berbagai macam masalah dan penyakit kulit bisa teratasi dengan baik. Karena itu, tidak ada salahnya bila untuk mengobati kaki rayapan ini bisa dicoba menggunakan salep nosib.

Loading...

Hasil pencarian:

penyakit kuku jempol kaki busuk, obat kuku jempol kaki busuk, bengkak tertusuk duri, kaki rayapan, salep kaki rayapan, cara memanjangkan bulu kaki, obat kaki rayapan tradisional, cara melebatkan bulu kaki, penyebab kaki rayapan, cara melebatkan bulu kaki pria, cara mengobati kaki rayapan secara alami, menumbuhkan bulu kaki, obat kuku lepas kumpulan tips, cara merawat kuku kaki yang busuk, kuku jempol kaki busuk
Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobati Kaki Rayapan atau Pitted Keratolysis | admin | 4.5