Loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan

Kesemutan (jawa: gringgingen) merupakan gejala gangguan sistem saraf sensorik, demikian menurut dr. Latifah Dwi S, Dokter Umum RSIA Mutiara Putri Lampung.

Dalam bahasa medis, kesemutan sering disebut sebagai parestesia. Yaitu suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Sensasi Parestesi ini tidak hanya rasa ‘kesemutan’, namun bisa juga rasa panas, rasa seperti tertusuk-tusuk, ‘greyengan’.

Rasa kesemutan bisa dirasakan di tangan, kaki, muka, maupun di seluruh bagian tubuh kita. Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam, demikian seperti dilansir TribunNews.

loading...

Yang paling sederhana, misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.

Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita mesti lebih waspada jika ada gejala lain di luar kesemutan.

“Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, gabungan keduanya, atau lainnya,” kata Latifah.

Kesemutan yang terjadi pada anda mungkin diakibatkan karena jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama dan mungkin karena kekurangan vitamin neurotropik yaitu vitamin B1, B6 dan B12.

Latifah menyarankan segera luruskan kaki jika anda sudah duduk bersila yang lamanya kurang lebih 10 – 15 menit, bisa dikombinasikan dengan meminum vitamin tersebut.

Tetapi, jika kesemutan tidak juga hilang, mungkin ada suatu penyakit lain, dan untuk mengetahui penyebab pasti, tentu harus ada evaluasi terlebih dahulu.

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengobati bibir kesemutan, cara menghilangkan kesemutan pada wajah, bibir kesemutan, bibir kesemutan gejala apa, cara mengatasi bibir kesemutan, mengatasi kesemutan di muka, cara menghilangkan kesemutan di wajah, mengobati muka kesemu, penyebab bibir bawah kesemutan
Penyebab dan Cara Mengatasi Kesemutan | inicarak | 4.5