Loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah

Komedo adalah sumbatan yang terjadi pada pori-pori kulit. Sumbatan ini bisa terjadi karena sel kulit mati maupun kelenjar minyak pada wajah. Pemakaian kosmetika pada wajah juga berpengaruh pada kondisi terjadinya sumbatan tersebut.

Disamping itu, berkeringat serta udara luar yang panas maupun lembab bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya komedo. Sumbatan pada pori-pori kulit merupakan penumpuknya kotoran dari berbagai hal tersebut diatas, terlebih bila memang aktifitas yang dilakukan lebih banyak bersifat outdoor tentunya.

Menurut dr Agung Pranoto, SpKK, Spesialis Kulit & Kelamin di RS Meilia Cibubur, seperti yang dikutip dari republika, partikel dari debu, asap kendaraan, bahkan udara sekalipun bisa menjadi penyebab serta sarana bagi terbentuknya lapisan komedo diwajah. Komedo bisa menyebabkan problem gatal pada kulit wajah, karena adanya proses peradangan kulit.

loading...

Nah, yang paling penting dilakukan untuk bisa mengatasi komedo adalah dengan disiplin dan rajin membersihkan wajah dengan sabun yang mengandung tree tea oil. Disamping itu, bisa juga dengan menggunakan krim yang bersifat comedolitik, seperti salisil atau sulfur.

Bila kemudian tidak terjadi perubahan dalam kurun waktu 2 bulan, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit, sehingga bisa segera ditangani dengan baik.

Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo di Wajah | inicarak | 4.5