Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bengkak | IniCaraku.com

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Bengkak

Mata bengkak saat bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebabnya adalah posisi tidur. Tidur dengan posisi kepala yang tidak ditinggikan bisa membuat cairan terakumulasi di bawah mata. Sebaliknya jika kepala agak tertopang dengan menempatkan bantal di bawah kepala akan memungkinkan kekuatan gravitasi untuk menarik cairan dari bawah mata secara alami.

Selain karena posisi tidur, mata bengkak juga bisa dipengaruhi oleh lamanya waktu tidur. Mendapatkan waktu tidur yang cukup tidak hanya membantu tubuh berfungsi dengan baik, tapi juga mempengaruhi tingkat peradangan dalam tubuh. Bila tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka pembuluh darah di bawah mata akan membesar dan lebih dekat dengan permukaan sehingga tampak lebih bengkak.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara mengatasi agar mata tidak bengkak saat bangun tidur:

  1. Mengompres dingin area mata secara keseluruhan selama beberapa menit setelah bangun tidur. Untuk mengompresnya bisa menggunakan irisan timun, kain, kapas atau kantong teh basah yang berfungsi menyempitkan pembuluh darah.
  2. Berikan tekanan secara lembut pada tulang di sekitar mata seperti ketika dikompres, kondisi ini akan mendorong sirkulasi dan membantu mengurangi cairan berlebih.
  3. Jika mata bengkak akibat makan makanan asin di malam hari, maka minum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengurangi mata bengkak.
  4. Cobalah tidur cukup dan menggunakan bantal untuk membantu menopang kepala sehingga mencegah akumulasi cairan di sekitar mata selama tidur.
  5. Jika mata yang bengkak akibat alergi terhadap sesuatu, maka kenali pemicu alergi tersebut. Alergi ini bisa disebabkan oleh sabun, kosmetik atau obat tertentu.

Membatasi konsumsi makanan yang kaya natrium dan minuman beralkohol dapat menghindari mata bengkak. Hal ini karena makanan yang terlalu asin atau natrium tinggi menyebabkan tubuh menahan air sehingga memicu mata bengkak. Sementara itu alkohol bertindak sebagai minuman yang memicu dehidrasi sehingga membuat kulit di bawah mata terasa lebih tipis. Hal ini menyebabkan cairan yang menumpuk lebih terlihat dan tampak lebih bengkak.

IniCaraku.com Search form