Loading...

Penyebab dan Manfaat Morning Sickness yang Dialami Ibu Hamil

Morning sickness adalah rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil dan biasanya muncul di pagi hari. Gejala morning sickness, yaitu mual dan muntah biasanya dialami oleh ibu hamil selama masa awal kehamilan. Tidak semua ibu hamil muda mengalami morning sickness, dan biasanya gejala morning sickness akan hilang dengan sendirinya di bulan ketiga masa kehamilan.

Meski biasa terjadi di pagi hari, namun gejala morning sickness juga bisa muncul kapan saja dan mungkin juga di malam hari. Oleh sebab itu, gejala morning sickness ini bisa jadi sangat sangat berpengaruh karena bisa menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari bagi ibu hamil yang mengalaminya. Karena selain gejala mual dan muntah, seringkali rasa lelah ikut menyertai.

Penyebab Ibu Hamil Mengalami Morning Sickness

Ada beberapa faktor yang biasanya menjadi penyebab kenapa beberapa ibu hamil bisa mengalami morning sickness dan sebagian laginya tidak. Adanya perubahan hormon hCG Beta dan tingkat yang lebih tinggi dari progesteron dan estrogen di tiga bulan pertama masa kehamilanlah yang diperkirakan menjadi faktor penyebab morning sickness muncul.

Selain itu, dikutip dari laman AloDokter, ada beberapa kemungkinan faktor lain yang bisa meningkatkan ibu hamil lebih beresiko mengalami morning sickness. Diantaranya adalah karena hamil anak pertama atau mungkin pada kehamilan sebelumnya juga mengalami hal serupa.

Kondisi mengandung anak kembar, adanya riwayat dalam keluarga yang juga mengalami morning sickness, biasa mengalami mabuk kendaraan serta adanya riwayat mengalami mual akibat penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung estrogen juga bisa menjadi faktor penyebab ibu hamil mengalami gejala morning sickness.

Stres dan juga obesitas juga disebutkan bisa meningkatkan kemungkinan resiko gejala morning sickness dialami oleh ibu hamil.

Manfaat dari Morning Sickness pada Ibu Hamil

Gejala morning sickness yaitu mual dan muntah yang biasa muncul pada masa awal kehamilan biasanya hanya muncul selama beberapa hari saja. Namun demikian, ada juga laporan bahwa sebagian kecil dari mereka yang terus merasakan gejala ini meski usia kandungan sudah melewati minggu ke-20 atau sekitar lima bulan masa kehamilan.

Sebagai salah satu tanda-tanda awal kehamilan, morning sickness seringkali begitu menyiksa namun juga membahagiakan selama tidak berlangsung lama dan terasa mengganggu. Karena bagi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness seperti mual dan muntah saat hamil, memiliki kesempatan 55-80% lebih rendah mengalami keguguran daripada mereka yang tidak mengalami gejala mual seperti ini. Demikian menurut jurnal dari Reproduksi Toxology mengenai morning sickness dan efeknya dalam kehamilan sebagaimana yang dikutip dari laman fimela.com.

Selain menurunkan resiko keguguran, manfaat dari morning sickness selama kehamilan juga bisa memicu bayi yang tengah dikandung berpotensi memiliki intelejen yang baik, terutama dalam bidang memori numerik, kinerja verbal, dan kefasihan lisan.

Terlepas dari manfaat morning sickness tersebut, bila gejala mual muntah yang muncul dirasa terlalu parah dan menyiksa, ada baiknya bila ibu hamil melakukan konsultasi dengan tim dokter untuk mendapatkan penanganan tepat. Sebagai langkah penanganan sederhana, ibu hamil juga bisa coba mengonsumsi beberapa ramuan alami untuk meredakan gejala morning sickness seperti misalnya dengan minum wedang jahe saat gejala muncul.

loading...
About these ads
Loading...

Hasil pencarian:

perbedaan perut buncit dan perut hamil, Bintik merah di perut saat hamil 5 bulan, manfaat lobster untuk ibu hamil
Penyebab dan Manfaat Morning Sickness yang Dialami Ibu Hamil | admin | 4.5