Loading...

Penyebab, Gejala, Serta Cara Mencegah dan Mengobati Susah Buang Air Besar

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi yang terjadi pada seseorang dimana dalam seminggu ia melakukan buang air besar kurang dari tiga kali. Pada dasarnya kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa setiap hari buang air besar, namun juga ada yang BAB hanya setiap dua hari sekali.

Meskipun sembelit merupakan penyakit yang umum dan banyak dialami, tetapi bila dalam tiga minggu berturut-turut atau bahkan lebih tidak juga kunjung sembuh, maka penyakit ini sudah masuk dalam kategori kronis dan harus segera dicarikan solusinya.

Penyebab

Ada banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab sembelit, misalnya karena kurangnya konsumsi air dan juga serat, tubuh sedang stresn dan kehamilan. Masalah susah buang air besar ini juga bisa dialami karena efek samping atau pengaruh dari obat yang sedang dikonsumsi misalnya antidepresan atau anti nyeri hingga adanya kanker pada usus besar.

loading...

Gejala

Seseorang yang sedang mengalami masalah dengan susah BAB bisa diketahui karena biasanya akan memunculkan gejala seperti BAB keras dan untuk membuang kotoran BAB maka perlu mengejan cukup keras. Seringkali juga meski sudah selesai BAB namun rasa-rasanya masih ada kotoran yang tertinggal dalam perut.

Tidak jarang juga orang yang mengalami masalah sembelit membutuhkan gerakan tambahan untuk mengeluarkan kotoran, misalnya saja dengan menekan-nekan perut atau bahkan harus mengeluarkan kotoran menggunakan jari. Pada orang yang mengalami masalah sembelit, biasanya ia juga buncit perutnya dan bahkan mengalami sakit perut.

Cara Mencegah

Secara umum masalah sembelit bisa dengan mudah dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat misalnya dengan memperbanyak konsumsi asupan serat, baik itu dari sereal buah-buahan dan atau roti gandum.
Rutin berolahraga juga penting dan perlu dilakukan karena ini bisa membantu merangsang pergerakan usus dalam perut. Hal yang tidak boleh dilupakan dan ini cukup dianjurkan adalah untuk minum air minimal 8 gelas dalam sehari, namun bukan air atau minuman yang mengandung kafein karena minuman jenis ini justru akan menyebabkan tubuh mudah dehidrasi sehingga lebih rentan mengalami sembelit.

Beberapa orang ada yang resistan dengan produk olahan susu. Karena itu perhatikan reaksi tubuh anda setelah minum atau mengonsumsi produk susu. Bila ternyata memang memiliki efek menyebabkan anda susah buang air besar, maka meski ini menyehatkan namun sebaiknya anda hindari agar terhindar dari masalah sembelit. Anda bisa coba ganti susu sapi dengan susu soya atau susu kedelai.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Orang Dewasa

Obat sembelit atau susah buang air besar saat ini sudah banyak dijual di apotik atau toko obat. Misalnya saja dulcolax dan microlax. Obat ini bekerja dengan cara menstimulasi atau merangsang usus sehingga beberapa saat setelah minum obat ini biasanya perut akan terasa mulas ingin buang air besar.

Selain dengan minum obat melancarkan bab di apotik, untuk mengatasi gangguan ini juga bisa dilakukan secara tradisional. Adapun obat susah buang air besar alami yang bisa dicoba misalnya dengan minum jus nanas campur pepaya 2 kali sehari setelah makan atau dalam keadaan perut kosong.

Buah mengkudu juga bisa membantu mengatasi masalah sembelit dengan segera. Caranya bisa dilakukan dengan memanfaatkan air perasan mengkudu. Cuci bersih buah mengkudu lalu diparut untuk kemudian diperasa dan ambil airnya lalu campur dengan sedikit garam dan aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari.

Selain dengan mengkudu, kita juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati sembelit. Kupas lidah buaya lalu blender hingga halus. Taruh dalam gelas yang berisi air hangat dan sedikit madu. Aduk hingga rata lalu 2 kali sehari hingga masalah sembelit teratasi.

Sembelit tidak selalu bisa diatasi sendiri. Ada kalanya kita membutuhkan bantuan dokter terutama bila memunculkan gejala tertentu. Sangat dianjurkan untuk segera meminta bantuan dokter bila diketahui adanya darah pada kotoran yang dikeluarkan. Ketika anda sering mengalami masalah sembelit dan ini menyebabkan disertai dengan menurunnya berat badan secara drastis tanpa diketahui apa penyebab jelasnya. Anda juga sebaiknya segera pergi ke dokter bila ternyata saat mau buang air besar disertai dengan rasa sakit.

Loading...

Hasil pencarian:

kentut menerus dan susah BAB Apakah, kentut tapi susah bab, sering kentut tapi tidak bab, susah bab dan sering kentut, Susah bab tapi
Penyebab, Gejala, Serta Cara Mencegah dan Mengobati Susah Buang Air Besar | admin | 4.5