Loading...

Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi

Pernahkah anda mendapati sehabis menyikat gigi ada keluar darah yang diketahui dengan berubahnya ludah anda menjadi berwarna merah muda?

Bila demikian yang sering terjadi, maka anda perlu mewaspadainya karena itu merupakan pertanda adanya masalah pada gusi. Salah satunya yang harus diwaspadai adalah gingivitas.

Penyakit gusi atau gingivitis yang ringan terjadi karena terbentuknya plak tempat bakteri beranak pinak yang hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

Gusi akan semakin meradang dan membengkak bila plak dibiarkan semakin lami tidak dibersihkan. Sikat gigi sederhana saja akan mengiritasi gusi yang bengkak dan membuatnya berdarah. Masalahnya, banyak dari kita yang mengabaikannya karena tidak ada keluhan nyeri yang dirasakan.

Anda tentunya tidak menginginkan akan mengalami masalah serius, seperti periodontitis. Bila gingivitis diabaikan, gigi tidak akan memiliki penopang yang cukup sehingga gigi anda dapat goyah atau lepas.

Salah satu cara untuk melawan atau menghindari gingivitis adalah dengan mempraktikkan kebersihan gigi yang baik. Anda harus menyikat gigi dua kali sehari untuk mencegah terbentuknya plak yang bisa sebabkan gigi berlubang.

Bila anda mengalami gusi berdarah atau gigi berlubang yang ditandai dengan sakit gigi, nyeri saat makan makanan panas atau dingin, dan nyeri saat menggigit, maka ada baiknya bila anda segera menemui dokter gigi untuk lakukan pengecekan dan pembersihan karang gigi.

loading...
About these ads
Loading...
Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi | inicarak | 4.5