Loading...

Penyebab Hormon Testosteron Pria Rendah

Rendahnya kadar testosteron hampir selalu diidentikan dengan masalah ketidaksuburan. Ketika seorang pria bermasalah dengan kadar hormon testosteronnya, maka artinya kemungkinan dia akan memiliki keturunan akan semakin kecil.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab rendahnya kadar testosteron?

1. Faktor usia
Usia merupakan salah satu faktor utama penyebab rendahnya kadar testosteron pria. Setelah usia 30 tahun, produksi testosteron menurun, sehingga menyebabkan kadar testosteron rendah.

loading...

2. Kelebihan berat badan
Obesitas adalah alasan lain mengapa ketidaksuburan bisa terjadi pada seorang pria akibat kadar testosteron rendah. Selain itu, kelebihan berat badan juga membuat seseorang rentan terhadap penyakit kronis lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung.

3. Pengobatan kanker
Jika seseorang telah menjalani pengobatan atau terapi kanker dengan kemoterapi, maka itu bisa menjadi salah satu penyebab rendahnya kadar testosteron pada pria. Parahnya, hal ini pada akhirnya juga bisa menyebabkan kemandulan, namun kadar testosteron akan meningkat setelah beberapa waktu tidak menjalani kemoterapi.

4. Hipotalamus tidak sehat
Hipotalamus adalah bagian dari otak yang memberi sinyal kepada kelenjar pituitary untuk menghasilkan testosteron. Oleh karena itu, penyakit seperti tuberkulosis dan sarkoidosis yang dapat memengaruhi hipotalamus dapat menjadi penyebab rendahnya kadar testosteron.

5. Penyakit kelenjar pituitari
Kelenjar pituitari berperan dalam memproduksi kadar testosteron seorang pria. Oleh karena itu, setiap penyakit pada kelenjar ini seperti peradangan atau tumor dianggap sebagai penyebab rendahnya kadar testosteron.

Loading...

Hasil pencarian:

penyebab hormon testosteron menurun
Penyebab Hormon Testosteron Pria Rendah | inicarak | 4.5