Penyebab Kenapa Ibu Hamil Sering dan Lebih Mudah Emosi | IniCaraku.com

Penyebab Kenapa Ibu Hamil Sering dan Lebih Mudah Emosi

Ibu atau wanita yang sedang hamil harus dijaga emosinya agar tidak mempengaruhi karakter anak ketika sudah lahir nantinya. Seperti dikutip dari kompas female, munculnya emosi negatif pada ibu hamil dapat mepengaruhi kehamilan, persalinan, bahkan karakter buah hati kelak.

Agar emosi negatif tidak menguasai ibu yang sedang hamil, maka ada baiknya bila harus mengetahui apa saja penyebab emosi negatif muncul. Dengan mengenali berbagai penyebab emosi negatif pada ibu hamil diharapkan mampu mengantisipasi dengan memberikan dukungan dan perhatian yang dibutuhkan ibu sepanjang kehamilan, persalinan, juga pasca melahirkan.

1. Cemas dengan kondisi fisik
Secara alamiah perut bumil akan membesar dan otomatis menimbulkan beberapa kendala, seperti tulang belakang terasa tegang, kaki pegal, kulit wajah berjerawat, dan sebagainya.

2. Khawatir dengan kondisi janin
Ibu hamil takut mengalami keguguran, catat janin, dan sebagainya.

3. Kondisi lingkungan sosial yang kurang mendukung
Suami atau keluarga kurang memberikan perhatian. Adanya saran-saran dari orangtua, baik mitos maupun anjuran yang justru berlebihan justru akan membuat ibu hamil lebih cemas.

4. Kondisi pekerjaan
Ibu hamil khawatir, setelah melahirkan apakah bisa melanjutkan bekerja, apakah kariernya kandas lantaran harus merawat bayi, dan seterusnya. Apalagi di zaman sekarang ini, mendapatkan pengasuh yang tepat sangatlah sulit.

5. Kendala finansial
Ketidaksiapan ibu hamil dan pasangan dalam mempersiapkan biaya kehamilan dan persalinan, kebutuhan bayi dan lainnya juga membuat ibu hamil cenderung cemas.

Dengan mengetahui penyebab kenapa ibu atau wanita hamil lebih mudah dan sering emosi, maka diharapkan pasangan atau keluarga bisa mengantisipasi dan memberikan dukungan pada istrinya yang sedang hamil tersebut.

Panduan Cara Cepat Hamil