Loading...

Penyebab Kuku Cantengan dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Rasa tidak nyaman akan dialami ketika kita memiliki masalah dengan kuku cantengan. Jangan abaikan ketika memiliki masalah dengan kuku cantengan.

Cantengan adalah kondisi dimana pada sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi kuku cantengan ini lebih sering terjadi pada jempol kaki.

Penyebab Kuku Kaki Cantengan

Berbagai alasan bisa menjadi penyebab peradangan dan luka di jari kaki karena cantengan. Berikut adalah beberapa penyebab dari kuku cantengan. Diantaranya:

1. Salah Memotong Kuku

Memotong kuku yang tidak tepat, seperti pemotongan yang tidak rapi sehingga meninggalkan tepi kuku yang tidak rata, akan melukai daging di bawahnya.

2. Memakai Sepatu Ketat

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau penggunaan sepatu balet atau sepatu bola bisa menekan ujung kuku. Keadaan tersebut bisa menyebabkan kuku melengkung ke dalam dan menusuk kulit jari sehingga cantengan terjadi.

3. Karena Hormon

Kuku tumbuh ke dalam sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan wanita hamil. Mengapa? Karena kenaikan hormon juga bisa menyebabkan lonjakan pertumbuhan kuku, yang bila tumbuh panjang bisa membuatnya menusuk daging sensitif di sekitar mereka.

4. Faktor Genetik

Beberapa orang memiliki kuku yang sangat lebar dan bulat. Bentuk kuku ini bisa membuatnya lebih mungkin untuk mengalami cantengan.

5. Akibat Stres

Stres juga dapat membuat Anda rentan cantengan. Ini karena stres dapat mempercepat pertumbuhan kuku. Bila Anda stres dan memiliki bentuk kuku yang disebutkan di atas, cantengan akan mudah didapat. Demikian sebagaimana yang dikutip dari laman Dailymail.

Cara Mengobati Cantengan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kuku yang cantengan. Beberapa cara mengobati cantengan misalnya dengan cara merendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam selama 15 menis secara rutin.

Cantengan juga bisa diobati memakai daun pacar kuku. Caranya campur daun pacar kuku dan gula merah secukupnya serta 1 sendok teh air jeruk nipis. Campur hingga halus dan gunakan untuk mengompres jari kaki yang cantengan. Balut dengan kain kasa dan ganti setiap 3-4 jam sekali.

Selain itu cantengan juga bisa diobati dengan membersihkan atau menghilangkan kuku yang terlanjur menusuk dan masuk ke dalam daging. Namun untuk ini mungkin anda membutuhkan bantuan dari tim medis.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

luka cantengan diobati jeruk nipis, sedih karena kuku cantengan
Penyebab Kuku Cantengan dan Bagaimana Cara Mengobatinya | inicarak | 4.5