Penyebab Mimisan | IniCaraku.com

Penyebab Mimisan

Mimisan adalah suatu penyakit yang banyak diderita oleh anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun bisa mengalami mimisan. Mimisan atau epistaksis adalah penyakit yang menyebabkan keluarnya darah dari hidung yang nisa terjadi akibat sebab kelainan lokal pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh.

Secara umum, penyebab adalah seperti udara yang terlalu kering, olahraga berlebihan, terlalu lama berada di bawah sinar matahari terutama di musim panas.

Berikut adalah beberapa penyebab umum mimisan:

1. Trauma
Misalnya terbentur, jatuh, dan membuang ingus terlalu keras. Mengorek-ngorek hidung dengan kuku yang tajam juga akan melukai selaput hidung yang tipis dan menyebabkan mimisan.

2. Polusi
Polusi berupa paparan rokok atau asap knalpot bersifat iritatif. Semua itu bisa membuat lecet dan merobek permukaan selaput lendir yang tipis.

3. Suhu udara dingin
Penyetelan AC yang terlalu dingin bisa menyebabkan mimisan. Cara kerja AC yang menyerap uap air di udara membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Ditambah, suhu yang terlalu dingin membuat udara jadi makin kering. Udara kering yang dihisap anak akan membuat alat pernapasannya mengering, sehingga selaput lendirnya mudah pecah dan berdarah.

4. Obat semprot
Penderita mimisan akan sensitif dengan obat semprot yang menyengat hidung, misal semprot untuk melegakan hidung mampet. Penggunaan yang terlalu sering akan membuat selaput hidung teriritasi.

IniCaraku.com Search form