Loading...

Penyebab Ngiler Saat Tidur

Ngiler adalah kondisi keluarnya air liur tanpa kita sadari ketika sedang tidur. Tidak hanya Anda, jutaan orang lain di seluruh penjuru dunia juga ngiler ketika tidur. Ngiler saat tidur bisa menjadi fenomena yang normal, namun juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu yang bisa meningkatkan produksi air liur.

Keluarnya iler saat tidur ini tidak disengaja, kita baru tahu kalau saat tidur kita ngiler ketika bangun tidur dan mendapati bantal yang digunakan untuk tidur sudah ada bekas atau bercak sisa iler atau air liur.

Ngiler dalam bahasa medis disebut dengan sialorrhea (produksi air liur yang berlebihan) yang umumnya ini terlihat pada bayi saat tumbuh gigi, kadang bisa juga terjadi pada anak-anak dengan masalah otot dan kondisi behavorial, serta masalah neurologis seperti cerebral palsy.

loading...

Berikut adalah beberapa penyebab ngiler saat tidur yang mungkin terjadi pada Anda:

1. Tidur miring
Tidur miring akan menyebabkan air liur mengalir keluar dari mulut.

2. Mulut terlalu kering
Mulut yang terlalu kering menyebabkan kelembaban dari mulut hilanga, sehingga untuk mengatasi itu mulut akan memproduksi air liur berlebih.

3. Mulut terbuka
Tidur dengan kondisi mulut terbuka akan menyebabkan keluarnya air liur, apalagi bila ternyata produksi air liur cukup banyak akibat dari mulut terlalu kering.

4. Efek samping dari obat yang dikonsumsi
Beberapa jenis obat terkadang memiliki efek samping seperti mulut kering atau menyebabkan adanya gangguan pada kelenjar yang bertugas memproduksi air liur.

5. Adanya masalah pada gigi
Beberapa gangguan seperti infeksi pada gigi atau gusi bisa mempengeruhi produksi air liur.

6. Anatomi mulut
Beberapa orang ada yang memiliki anatomi mulut yang tidak normal, seperti lidah yang terlalu besar, gigi yang terlalu rapat atau pembesaran kelenjar limpa.

7. Alergi
Alergi rhinitis dan alergi makanan tertentu bisa menyebabkan produksi air liur berlebihan sehingga sering menyebabkan penderitanya mengiler saat tidur.

8. Tonsilitis
Tonsilitis adalah peradangan kelenjar yang disebut amandel hadir di bagian belakang tenggorokan. Karena inflamasi dan pembengkakan, bagian ini menjadi sempit, sehingga menghalangi drainase dari akumulasi air liur ke dalam tenggorokan.

9. Gastroesophageal reflux disease (GERD)
Para ilmuwan percaya bahwa refluks asam menyebabkan asam lambung untuk merangsang kerongkongan. Sebagai hasilnya, refleks esophagosalivary terlalu terangsang hingga menyebabkan produksi air liur berlebihan.

10. Teror tidur
Teror tidur dapat terjadi pada orang dewasa sebagai akibat dari alasan psikopatologis. Kondisi ini sering terjadi ketika seseorang di bawah tekanan emosional parah atau mungkin dipicu oleh obat-obatan tertentu seperti obat penenang, alkohol atau bahkan kurang tidur. Kadang-kadang, mengiler juga terlihat pada orang yang menderita gangguan tidur terkait lainnya seperti tidur berjalan (somnambulism) dan somniloquy (mengigau).

11. Infeksi sinus
Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang biasanya berhubungan dengan pernapasan dan masalah menelan, dapat menyebabkan mengiler karena akumulasi air liur. Juga, ketika bagian hidung terblokir karena flu, Anda cenderung bernapas dengan mulut, yang menyebabkan kelebihan air liur mengalir keluar saat tidur.

12. Obat-obatan dan bahan kimia
Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obat tertentu atau narkoba, maka mengiler mungkin menjadi kebiasaan sehari-hari. Beberapa antidepresan dan obat-obatan seperti morfin, pilocarpine (obat untuk mulut kering) juga bisa menyebabkan peningkatan produksi air liur yang akan menyebabkan anda ngiler saat tidur.

Loading...
Penyebab Ngiler Saat Tidur | inicarak | 4.5