Penyebab Rasa Mual & Ingin Muntah Saat Gosok Gigi Pagi Hari | IniCaraku.com

Penyebab Rasa Mual & Ingin Muntah Saat Gosok Gigi Pagi Hari

Rasa mual dan ingin muntah yang muncul secara tiba-tiba saat menggosok gigi khususnya pada pagi hari seringkali terjadi. Meski rasa mual ingin muntah datang namun jarang sekali ada yang sampai benar-benar muntah.

Sebetulnya setiap orang memiliki refleks muntah yang merupakan reaksi tubuh normal, untuk mencegah tersedak saat benda asing atau benda berbahaya memasuki saluran pernafasan atas dan paru-paru.

Sebenarnya ada beberapa sebab kenapa kita ingin muntah saat menggosok gigi, beberapa diantaranya adalah:

1. Anda sedang hamil, sehingga rasa mual merupakan bagian dari morning sickness yang Anda alami.

2. Anda memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan, kecuali saat Anda ingin menelan secara normal.

3. Anda menggosok gigi terlalu kencang sehingga menekan bagian dalam tenggorokan. Ingat kan, seorang penderita bulimia biasanya mencolok mulutnya sampai akhirnya memuntahkan makanannya.

4. Ada yang mengatakan bahwa mual saat menggosok gigi juga disebabkan oleh naiknya asam lambung (maag). Coba Anda perhatikan, apakah di antara busa pasta gigi Anda terdapat cairan kental berwarna bening kekuningan?

5. Faktor psikologis, karena Anda pernah muntah saat menggosok gigi terlalu kencang. Kejadian tak sengaja itu rupanya membekas, sehingga Anda selalu merasa khawatir akan muntah saat menggosok gigi. Pikiran negatif juga bisa menyebabkan kejadian yang negatif.

Semoga informasi tentang penyebab rasa mual dan ingin muntah saat gosok gigi di pagi hari diatas dapat bermanfaat.