Loading...

Penyebab Sering Kaget dan Terbangun Saat Tidur di Malam Hari

Pernahkah anda mengalami, ketika sedang nyenyak tidur tiba-tiba saja tubuh terasa kaget dan akhirnya terbangun di malam hari?

Sebagian orang dan mungkin anda termasuk salah satunya mungkin pernah mengalami sensasi terjatuh atau meloncat saat tidur, hingga akhirnya terbangun dari tidur. Dan ketika terbangun maka tubuh merasakan capek yang luar biasa.

Kondisi tubuh dimana serasa kaget dan terbangun di malam hari ini ternyata disebut juga dengan istilah hypnagogic jerks dan ternyata hal ini adalah hal yang normal. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan hal yang demikian. Demikian menurut Dr Jason Ellis dari Northumbria Centre for Sleep Research.

Dikutip dari laman Mirror, bahwa saat sebagian besar organ tubuh dalam proses menjadi tenang, otot skeletal kadang-kadang kontraksi cepat dan menghasilkan refleks yang seperti kaget pada tubuh. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi pada beberapa bagian anggota tubuh dan biasanya terjadi dengan cepat. Biasanya, kebiasaan seperti minum kopi berlebihan dan olahraga berat sebelum tidur memperbesar peluang terjadinya ‘hypnagogic jerks‘ ini.

loading...

Karena itu untuk mencegah tubuh merasa kaget dan terbangun di malam hari saat tidur, maka biasakan untuk tidak berlebihan minum minuman yang mengandung kafein, terlebih ketika menjelang waktu tidur. Bila anda ingin ngemil sebelum tidur, maka anda bisa makan sebuah pisang sebagai pilihan camilan yang baik sebelum tidur.

Sementara menurut dr Andreas Prasadja, RPSGT, praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, bahwa tubuh yang terlalu lelah juga bisa menjadi salah satu penyebab kaget dan terbangun saat tidur. Hal ini terjadi karena adanya lompatan gelombang otak, dari tidur ringan langsung masuk ke tidur dalam. Padahal normalnya, saat tidur orang akan melewati beberapa fase, dari ringan, sedang, baru masuk ke fase tidur dalam.

Dengan adanya lompatan gelombang otak, maka otot tubuh pun memberikan reaksi dengan adanya sensasi terjatuh atau meloncat. Inilah yang membuat orang langsung terbangun dengan perasaan kaget dan seolah-olah mimpi terjatuh.

loading...
Loading...
Penyebab Sering Kaget dan Terbangun Saat Tidur di Malam Hari | inicarak | 4.5