Penyebab Serta Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dengan Buah Pepaya | IniCaraku.com

Penyebab Serta Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar dengan Buah Pepaya

Susah buang air besar akan membuat perut tidak nyaman. Frekuensi normal buang air besar setiap orang berbeda satu sama lain, mungkin antara tiga kali sehari sampai sekali setiap tiga hari.

Jangan remehkan masalah susah buang air besar. Karena penderita susah buang air besar jika sudah parah akan bisa menyabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.

Ada beberapa penyebab susah buang air besar, diantaranya:

  • Kurang cairan atau serat-seratan dalam diet
  • Kurang aktivitas fisik dan latihan olahraga, sehingga menyebabkan kontraksi usus melemah yang seharusnya bisa mendorong kotoran sepanjang usus
  • Tidak mempunyai pola buang air besar, biasanya sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena tidak mau mengganggu aktivitas kerja atau sosial
  • Kehamilan menyebabkan tekanan pada usus
  • Wasir yang membesar sehingga menghambat jalan keluar
  • Obat-obatan tertentu seperti anti-nyeri yang mengandung opiat dan tablet besi.

Untuk mengatasi masalah susah buang air besar sebenarnya sangat mudah. Kita tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang justru bisa menimbulkan efek samping berbahaya. Minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayur dan buah-buahan) setiap hari dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar.

Selain itu, untuk mengatasi susah buang air besar juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya merupakan obat alami paling manjur untuk mengatasi susah buang air besar, setidaknya itu yang sudah saya alami.

  1. Potong buah pepaya jangan hilangkan kulit dan bijinya dan cuci dengan air bersih 1 kali saja, potongan cukup untuk satu kali minum.
  2. Juice potongan buah pepaya tersebut dan minum 3 kali sehari

Kalau anda tidak suka jus pepaya, mengkonsumsi secara langsung buah pepaya setiap hari juga bermanfaat untuk mengatasi susah buang air besar atau BAB.

IniCaraku.com Search form