Loading...

4 Penyebab Susah Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

Feses atau disebut juga dengan tinja merupakan proses akhir dari pencernaan. Proses pengeluaran feses dari tubuh disebut juga dengan buang air besar (BAB), yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk menghilangkan bahan limbah padat, semipadat, atau cair dari saluran pencernaan melalui anus. Setiap orang memiliki frekuensi untuk mengeluarkan kotoran dengan yang berbeda, mulai dari beberapa kali dalam satu hari sampai hanya beberapa kali dalam waktu satu minggu.

Terlalu lama dan sering menahan BAB bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kesulitan dalam mengeluarkan feses ini biasa dikenal juga dengan istilah sembelit yang dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman selama beraktivitas.

Penyebab Susah Buang Air Besar

Selain karena akibat kurang mengonsumsi serat, penyebab sembelit juga bisa dikarenakan oleh banyak hal, terutama adalah terkait kurangnya konsumsi cairan. Berikut ini adalah beberapa contoh penyebab susah bab dan cara mengatasinya sebagaimana yang dikutip dari laman Womenshealthmag:

1. Dehidrasi
Dehidrasi bisa menyerang siapa saja, terutama saat musim kemarau. Bila anda banyak mengkonsumsi makanan berserat di saat sedang dehidrasi, maka akan berpotensi mengganggu sistem pencernaan, sehingga menyebabkan sembelit. Karena itulah, maka anda perlu menyeimbangkan dalam menyantap makanan berserat dan cukup minum air putih.

2. Masa penyembuhan usai operasi
Setelah melakukan operasi, sisa-sisa nyeri di bagian perut masih terasa. Sebagian orang bisa mengkonsumsi obat penghilang nyeri, namun biasanya akan memberikan efek pada rasa sembelit. Bila anda mengalami masalah ini, maka secepatnya lakukan konsultasi kepada dokter agar tidak menjadi penyakit jangka panjang.

3. Kurangnya asupan gizi yodium
Istilah ini lebih dikenal dengan Hipotiroidisme. Jika beragam masalah penyebab sembelit terungkap, seharusnya dokter juga memeriksa fungsi tiroid. Sebuah tiroid berfungsi untuk melepaskan hormon yang terkait dengan proses dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Tanpa hormon yang penting, usus tidak bisa bekerja dengan benar sehingga membuat anda susah BAB.

4. Mengalami penyakit kronis
Bila anda bermasalah terus-menerus dengan sembelit, maka dikhawatirkan anda terkena diagnosis gangguan pencernaan seperti Irritable Bowl Syndrome (IBS), yakni berupa diare atau sembelit dominan.

Untuk mengurangi masalah ini, anda harus makan makanan yang sehat, minum banyak air serta menyantap makanan yang mengandung 25 gram serat setiap hari. Ada dua bentuk serat, yaitu serta larut dan tidak larut. Serat yang bisa larut dalam air seperti apel, gandum dan kacang-kacangan. Sementara serat yang tidak bisa larut, yakni gandum, brokoli dan sayuran hijau tua.

Siapa saja bisa mengalami masalah dengan susa buang air besar. Karena itu selain mengetahui cara mengatasi susah BAB, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Karena cara mencegah tentulah lebih baik dari pada harus mengobati. Diantara cara mencegah susah BAB yang bisa dilakukan misalnya dengan memperbanyak konsumsi serat dan juga cairan, juga yang penting dilakukan adalah dengan memperbanyak aktivitas fisik atau bergerak.

loading...
Loading...
4 Penyebab Susah Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya | inicarak | 4.5