Loading...

Penyebab Tubuh Merasa Lemas Saat Puasa

Tubuh lemas sering menjadi alasan orang yang sedang berpuasa untuk tidur seharian atau malas beraktivitas. Padahal, tubuh lemas saat puasa harusnya bisa kita cegah.

Menurut dr Fiastuti Witjaksana, MS, SpGK, dalam acara Buavita di Jakarta, seperti dikutip dari kompas, penyebab tubuh merasa lemas saat puasa adalah karena tubuh kekurangan glikogen. Glikogen dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan makanan yang akan dibakar saat beraktivitas.

Tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memecah cadangan makanan dalam bentuk glikogen. Padahal, cadangan ini hanya bisa bertahan selama 10 jam saja. Itulah kenapa kita merasa lemas dan pusing setelah sekitar pukul 14.00-15.00.

loading...

Ini juga sebabnya, kenapa di hari-hari biasa (bukan puasa), kita juga merasa lapar dan butuh ngemil. Asupan makanan baik makan siang atau saat ngemil sore hari ini akan menambah cadangan makanan serta cairan dalam tubuh.

Kondisi ini dialami oleh semua orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Namun jangan khawatir, karena kondisi lemas saat puasa akibat kekurangan glikogen ini bisa disiasati dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan pemilihan makanan serta porsi makanan yang tepat.

Loading...

Hasil pencarian:

mengapa kita merasa lemas ketika berpuasa
Penyebab Tubuh Merasa Lemas Saat Puasa | inicarak | 4.5