Perbedaan Batik Yogyakarta, Surakarta dan Pekalongan

Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Setiap batik mempunyai corak dan ciri khas yang berbeda. Beda kota, beda juga ciri khas batiknya. Berikut ini yang membedakan.

Batik Yogyakarta
Batik Yogya biasanya berlatar putih, mempertahankan motif gaya keraton yang baku, seperti parang, kawung, dan sebagainya.

Batik Surakarta
Batik Surakarta berlatar hitam atau gelap, mempertahankan motif gaya keraton yang baku, seperti parang, kawung, dan sebagainya.

Batik Pekalongan dan pesisiran
Batik berlatar warna cerah mencolok. Motif batik kecil-kecil dengan jarak yang rapat sehingga berbeda dengan batik Sragen.

Batik Sragen
Untuk batik Sragen lebih kaya dengan ornamen flora dan fauna, terkadang dikombinasi dengan motif baku. Jadilah, motif tumbuhan atau hewan yang disusupi motif baku, seperti parang, sidoluhur, dan lain sebagainya. Guratan motif batik Sragen dewasa ini cenderung menyiratkan makna secara tegas, lebih lugas daripada corak Yogyakarta dan Surakarta.

loading...
Loading...

Hasil pencarian:

Dominasi warna batik Surakarta, motif batik surakarta, perbedaan batik solo dan pekalongan, bagaimanakah motif dari batik berasal dari yogyakarta surakarta, perbedaan batik Pekalongan, ciri batik surakarta, warna khas batik dari yogyakarta dan surakarta adalah, perbedaan batik pekalongan dengan batik lain, persamaan batik solo dan jogya, perbedaan batik solo dengan batik pekalongan, apa perbedaannya batik pekalongan dengan batik lainnya, batik surakarta cenderung berwarna, yang membedakan motif batik pekalongan dengan daerah lain, ciri batik joga, batik surakarta berasal dari
Perbedaan Batik Yogyakarta, Surakarta dan Pekalongan | inicarak | 4.5