About these ads

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Tidur sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas sehari-hari sehingga menjadi lebih baik keesokan harinya. Khususnya untuk ibu hamil, tidur adalah suatu kebutuhan. Adanya janin dalam perut memberikan ketegangan pada tubuh ibu, itulah sebabnya kenapa ibu hamil cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak.

Ibu hamil tidak bisa tidur dengan sembarang posisi seperti orang biasa. Agar janin di perut bisa berkembang baik, saat akan tidur ibu hamil harus memperhatikan kualitas dan posisi cara tidurnya. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna:

1. Perbanyak istirahat
Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan jam malam
Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

Baca juga: , .

3. Tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat
Sebaiknya ibu hamil tidur dengan kepala dan leher diangkat. Tidur seperti ini bisa menurunkan asam lambung.

4. Hindari mimpi buruk
Mimpi buruk membuat waktu ibu hamil sering terbangun dari tidur saat malam hari. Mimpi buruk biasanya disebabkan oleh beban pikiran yang terbawa saat tidur sampai mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan bantal tambahan
Pada usia kehamilan trimester pertama,ibu hamil bisa menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman saat tidur.

6. Pakailah bantal panjang
Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur posisi miring ke kiri
Pada saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Melakukan aktivitas kecil
Ibu hamil biasanya akan mengalami kesulitan tidur saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

9. Mengatasi kram kaki
Ibu hamil kadang juga mengalami kram di kaki. Untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil, cobalah untuk meluruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Panduan Cara Cepat Hamil

Lihat Juga Cara yang Lainnya
loading...
About these ads

6 Resep Obat Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok - Penyebab rambut rontok diantaranya adalah penggunaan hair dryer yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan tidak sehat. Selain itu racun pada rokok dapat menghambat aliran darah ke kulit kepala. Namun Anda tidak perlu khawatir...

Cara Efektif Untuk Menghindari Sakit Jantung - Sakit jantung sampai saat ini masih menjadi salah satu pembunuh paling sadis. Ada jutaan orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini. Menurut peneliti dan pakar diet penulis Your Healthy Weight Loss Plan, John Phillip, hasil...

Kenali 5 Gejala Wanita Yang Terkena Kanker Rahim - Kanker rahim atau kanker ovarium merupakan salah satu jenis kanker yang sering terjadi di kalangan wanita, terutama wanita yang sudah memasuki usia 50 tahun. Walau demikian, kini tidak hanya wanita golongan tua saja yang bisa terkena kanker rahim,...

Tanda-tanda Tubuh Kurang Vitamin D - Manfaat vitamin D berguna bagi tubuh terutama adalah untuk membantu dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang kuat dan baik. Selain itu, manfaat vitamin D bagi tubuh yang lain diantaranya adalah untuk mencegah penyakit kanker darah serta...

Cara Mengatasi Pegal dan Nyeri Punggung Saat Perjalanan Mudik Lebaran - Lebaran tinggal menunggu hari saja. Ini artinya semakin dekat waktu untuk mudik ke kampung halaman. Banyak orang memilih mobil sebagai kendaraan untuk mudik guna merayakan lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Seringnya perjalanan...

Manfaat Sehat Minum Satu Sendok Madu Setiap Hari - Madu merupakan cairan terbaik yang diberikan oleh alam. Zat antioksidan yang merupakan salah satu kandungan di dalam madu ini memberikan manfaat baik dimana ini dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh serta kekuatan tubuh untuk melawan...