Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil | IniCaraku.com

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Tidur sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas sehari-hari sehingga menjadi lebih baik keesokan harinya. Khususnya untuk ibu hamil, tidur adalah suatu kebutuhan. Adanya janin dalam perut memberikan ketegangan pada tubuh ibu, itulah sebabnya kenapa ibu hamil cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak.

Ibu hamil tidak bisa tidur dengan sembarang posisi seperti orang biasa. Agar janin di perut bisa berkembang baik, saat akan tidur ibu hamil harus memperhatikan kualitas dan posisi cara tidurnya. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna:

1. Perbanyak istirahat
Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan jam malam
Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

3. Tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat
Sebaiknya ibu hamil tidur dengan kepala dan leher diangkat. Tidur seperti ini bisa menurunkan asam lambung.

4. Hindari mimpi buruk
Mimpi buruk membuat waktu ibu hamil sering terbangun dari tidur saat malam hari. Mimpi buruk biasanya disebabkan oleh beban pikiran yang terbawa saat tidur sampai mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan bantal tambahan
Pada usia kehamilan trimester pertama,ibu hamil bisa menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman saat tidur.

6. Pakailah bantal panjang
Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur posisi miring ke kiri
Pada saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Melakukan aktivitas kecil
Ibu hamil biasanya akan mengalami kesulitan tidur saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

9. Mengatasi kram kaki
Ibu hamil kadang juga mengalami kram di kaki. Untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil, cobalah untuk meluruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Panduan Cara Cepat Hamil