Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Tidur sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas sehari-hari sehingga menjadi lebih baik keesokan harinya. Khususnya untuk ibu hamil, tidur adalah suatu kebutuhan. Adanya janin dalam perut memberikan ketegangan pada tubuh ibu, itulah sebabnya kenapa ibu hamil cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak.

Ibu hamil tidak bisa tidur dengan sembarang posisi seperti orang biasa. Agar janin di perut bisa berkembang baik, saat akan tidur ibu hamil harus memperhatikan kualitas dan posisi cara tidurnya. Berikut adalah tips yang harus diperhatikan oleh ibu hamil untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna:

1. Perbanyak istirahat
Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan jam malam
Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

3. Tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat
Sebaiknya ibu hamil tidur dengan kepala dan leher diangkat. Tidur seperti ini bisa menurunkan asam lambung.

4. Hindari mimpi buruk
Mimpi buruk membuat waktu ibu hamil sering terbangun dari tidur saat malam hari. Mimpi buruk biasanya disebabkan oleh beban pikiran yang terbawa saat tidur sampai mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan bantal tambahan
Pada usia kehamilan trimester pertama,ibu hamil bisa menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman saat tidur.

6. Pakailah bantal panjang
Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur posisi miring ke kiri
Pada saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kiri. Cara ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Melakukan aktivitas kecil
Ibu hamil biasanya akan mengalami kesulitan tidur saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

9. Mengatasi kram kaki
Ibu hamil kadang juga mengalami kram di kaki. Untuk mengatasi kram kaki pada ibu hamil, cobalah untuk meluruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

Panduan Cara Cepat Hamil

Loading...
Lihat Juga Cara yang Lainnya

Tips Puasa: Hindari Minum Teh dan Kopi Saat Sahur - Minum teh atau kopi saat pagi hari dipercaya bisa membantu meningkatkan semangat untuk beraktivitas. Sayangnya, kebiasaan ini bukanlah kebiasaan yang baik saat berpuasa.Minum teh atau kopi saat sahur justru akan membuat kita tubuh lebih cepat...

4 Tips Cara Memantau Gejala Asma - Untuk membantu dokter menyusun rencana pengobatan asma yang lebih efektif, adalah sangat penting untuk mengikuti perkembangan atau mengamati gejala asma setiap hari. Namun masalahnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mengamati gejala asma...

Tips Cara Mengatasi Cantengan di Kaki - Cantengan atau yang dalam istilahnya dikenal dengan nama paronychia ini merupakan suatu keadaan dimana kuku masuk ke jaringan kulit. Umumnya cantengan terjadi dikaki dan khususnya ibu jari kaki.Menurut Dr Agung Pranoto, SpKK, Spesialis Kulit &...

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menstruasi Agar Rasa Nyeri Tidak Bertambah Parah - Sebagai siklus bulanan yang selalu dialami setiap wanita, menstruasi seringkali membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Karena tidak jarang, selama mesntruasi banyak wanita merasakan gangguan terkait masalan menstruas. Beberapa contoh gangguan...

Penyebab Gigi Berdarah Saat Menyikat Gigi - Pernahkah anda mendapati sehabis menyikat gigi ada keluar darah yang diketahui dengan berubahnya ludah anda menjadi berwarna merah muda?Bila demikian yang sering terjadi, maka anda perlu mewaspadainya karena itu merupakan pertanda adanya...

Manfaat dari Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh - Buah mangga merupakan salah satu jenis buah favorit yang banyak disukai. Rasanya yang manis membuat banyak orang suka mengonsumsi buah ini setidap harinya. Karena selain rasa buah mangga yang manis, di dalamnya juga terkandung banyak nutrisi yang...

Loading...