Loading...

Puasa Ternyata Bermanfaat untuk Membuat Ginjal Tetap Sehat

Usia bukan alasan untuk tidak menjalankan puasa Ramadhan. Karena puasa ternyata juga sangat bermanfaat untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut, yaitu bisa berdampak positif bagi ginjal.

Menurut hasil penelitian, asupan cairan selama bulan Ramadan berdampak baik untuk fungsi ginjal. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap pasien berusia 60 tahun ke atas, untuk mengetahui pengaruh asupan cairan selama puasa terhadap fungsi ginjal diketahui bahwa asupan cairan berpengaruh kepada fungsi ginjal dan berdampak positif untuk para usia lanjut yang berpuasa.

Menurut Konsultan Geriatri, Dr. Eddy Rizal Wahyudi, berpuasa menyehatkan orang-orang berusia lanjut.

loading...

“Puasa itu menyehatkan, untuk orang-orang berusia lanjut dapat bermanfaat dan pengaruh terhadap fungsi ginjal,” jelasnya kepada laman Liputan6.com, Selasa, (11/6/2013).

Lebih lanjut menurut Dr. Eddy, asupan cairan yang masuk saat bulan Ramadan membuat fungsi ginjal membaik pada hari ke-28 Ramadan dan ke-14 setelah Ramadan.

“Tidak ada gangguan fungsi ginjal pada pasien usia lanjut yang menjalani puasa selama asupan cairan mencukupi,” tambahnya.

Loading...
Puasa Ternyata Bermanfaat untuk Membuat Ginjal Tetap Sehat | inicarak | 4.5