Loading...

Ragam Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Tubuh

Daun bawang adalah salah satu jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Bagi yang hobi menyantap martabak telur maka daun bawang sudah bukan hal yang asing lagi.

Tanaman daun bawang yang memiliki latin Allium fistulosum adalah salah satu bumbu masak yang hampir selalu ada di setiap masakan khas Indonesia. Dengan aromanya yang khas, maka daun bawang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap.

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik aroma dan baunya yang khas, ada banyak sekali manfaat daun bawang belum kita ketahui sebelumnya. Berikut adalah diantara dari sekian banyak manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh kita.

1. Mendukung fungsi pernapasan

Manfaat daun bawang adalah bisa digunakan untuk membantu mengobati pilek dan flu. Hal ini dikarenakan tanaman daun bawang mampu merangsang aktivitas sistem pernapasan.

2. Mengobati batuk

Jangan lupa tambahkan daun bawang ke dalam sup hangat yang akan dihidangkan untuk keluarga. Karena manfaat yang akan anda dapatkan dari tanaman ini diantaranya adalah membantu mengusir dahak yang menjengkelkan dari tubuh.

3. Mencegah infeksi

Kandungan daun bawang, yaitu sulphur berguna untuk menghambat pertumbuhan jamur. Vitamin K-nya juga membantu dalam pembekuan darah. Sementara itu vitamin C yang ada di dalamnya juga berperan sebagai antioksidan kuat yang akan melindungi jaringan tubuh dari kerusakan dan peradangan.

4. Menyehatkan mata

Di dalam daun bawang terkandung karotenoid dan leuthein yang bertindak sebagai agen pelindung mata dari paparan debu. Begitu pula dengan kandungan vitamin A dapat melindungi mata dari degenerasi makula.

Itulah manfaat dari konsumsi daun bawang yang akan kita dapatkan. Demikian adalah sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Ragam Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan Tubuh | inicarak | 4.5