Loading...

Ragam Manfaat Minum Air Tajin untuk Kesehatan

Air tajin adalah cairan berwarna putih yang dihasilkan ketika kita memasak nasi. Karena air tajin mengandung partikel beras, maka air tajin memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Walaupun kandungan gizi air tajin jauh di bawah susu hewan ataupun susu kedelai, namun dahulu air tajin biasa diberikan kepada balita sebagai pengganti susu pada keluarga miskin. Selain itu, manfaat air tajin juga dianggap sangat baik untuk membantu mengatasi dehidrasi pada bayi ketika mengalami diare.

Manfaat air tajin sendiri tidak hanya berpengaruh pada bayi, namun manfaat air tajin juga bisa dirasakan oleh orang dewasa. Dimana salah satu manfaat air tajin untuk orang dewasa adalah menjadi sumber energi karena air tajin memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Manfaat Minum Air Tajin untuk Kesehatan Orang Dewasa

Minuman bergizi yang diperoleh dari rebusan beras saat menanak nasi ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah sedikit informasi mengenai manfaat dari minum air tajin untuk kesehatan tubuh orang dewasa:

1. Mencegah dehidrasi

Kandungan nutrisi yang ada di dalam air tajin salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatasi kondisi tubuh saat cuaca panas. Dengan minum hanya segelas air tajin maka akan mencegah tubuh dari dehidrasi.

2. Mencegah sembelit

Kandungan serat di dalam air tajin cukup tinggi sehingga minuman ini sangat baik untuk memperlancar buang air besar.

3. Mengobati diare

Minum air tajin bisa menjadi cara alami untuk mengobati diare. Bahkan menurut hasil dari beberapa penelitian menganggap bahwa air tajin jauh lebih baik dan efektif daripada larutan elektrolit yang biasa digunakan untuk mengobati diare.

4. Sumber energi

Karena kaya akan kandungan karbohidrat, maka dengan hanya minum satu gelas air tajin mampu meningkatkan energi anda. Untuk itu, cobalah minum segelas air tajin sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

5. Mencegah kanker

Air tajin kaya akan kandungan antioksidan, seperti vitamin A dan fenol. Kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk mencegah berbagai jenis kanker.

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Nutrisi tertentu yang ada di dalam air tajin memiliki peran terhadap pengembangan neurotransmitter. Hal ini dapat mencegah penyakit Alzheimer.

7. Mengobati infeksi viral

Manfaat minum air tajin juga dapat untuk mengobati infeksi virus. Selama anda menderita sakit demam, minumlah satu gelas air beras untuk mengembalikan nutrisi yang hilang dan mempercepat proses penyembuhan.

8. Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Minum satu gelas air tajin juga dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Hal ini dikarenakan air tajin memiliki kandungan zat oryzanol yang pada dasarnya mencegah efek radiasi sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Dengan banyaknya manfaat dari air tajin, maka tidak ada salahnya bila ibu saat menanak nasi menambahkan air sedikit lebih banyak dari biasanya agar bisa diambil air rebusannya barang satu atau dua gelas.

Air tajin yang dihasilkan dan diperoleh pada saat menanak nasi ini bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga terlebih dahulu ditambahkan dengan sedikit garam dan gula jawa atau gula pasir untuk menambah cita rasa manis, sehingga tidak hanya orang dewasa, bahkan balita pun akan menyukai air tajin ini.

loading...
Loading...
Ragam Manfaat Minum Air Tajin untuk Kesehatan | inicarak | 4.5