Loading...

Ramuan Obat Pereda Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gangguan kesehatan pada bagian tenggorokan berupa rasa sakit saat digunakan untuk menelan. Sakit tenggorokan seringkali muncul pada saat terjadinya pergantian musim. Namun demikian ada juga penyebab sakit tenggorokan lainnya, seperti karena mengonsumsi makanan dan minuman yang merangsang iritasi tenggorokan seperti makanan pedas, asam, dingin, berminyak dan beralkohol, polusi udara yang disebabkan oleh debu, asap rokok atau sering berada di daerah industri.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, penggunaan obat kumur dengan bahan almi yang diolah sendiri bisa jadi solusi. Berikut beberapa contoh ramuan obat kumur guna meredakan sakit tenggorokan yang sedang anda atau keluarga derita.

Larutan garam
Berukumur dengan larutan garam bisa membantu melembapkan saluran pernafasan, menetralisir asam di tenggorokan, menghilangkan rasa panas serta mempercepat pemulihan membran mukosa yang teriritasi.

loading...

Cara penggunaannya sangatlah mudah, cukup dengan cara berkumurlah dengan larutan 1/4 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Lakukan cara ini empat kali dalam sehari.

Larutan lemon
Astringent yang terdapat dalam lemon bisa membantu mengecilkan jaringan tenggorokan yang bengkak serta mencegah virus dan bakteri berkembang dalam saluran tenggorokan.

Campurkan 1 sendok teh jus lemon dalam 1 gelas air untuk larutan pereda sakit tenggorokan.

Larutan air jahe, madu, dan lemon
Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk tenggorokan. Sedang jahe memiliki efek menenangkan tenggorokan gatal, dan lemon yang sarat dengan vitamin C membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi dahak.

Campurkan 1 sendok teh bubuk jahe dan 1 sendok teh madu dan perasan 1/2 jeruk lemon ke dalam 1/2 cangkir air panas, untuk larutan kumur.

Larutan cengkeh
Cengkeh memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan dan menyembuhkan sakit tenggorokan. Tambahkan 1 sampai 3 sendok teh bubuk cengkeh ke dalam secangkir air hangat; untuk lauran kumur.

Larutan kunyit
Kunyit adalah antioksidan yang kuat, dan terbukti efektif melawan sejumlah serius. Untuk obat sakit tenggorokan, campurkan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air panas.

Seduhan teh hijau
Teh hijau dikenal sebagai herbal alami pelawan infeksi. Cobalah berkumur dengan seduhan teh hijau, dua hingga tiga kali sehari, untuk meredakan sakit tenggorokan.

Larutan cuka apel dan garam
Caranya, larutkan masing-masing 1 sendok teh cuka apel dan garam dilarutkan dalam segelas air hangat. Gunakan larutan kumur beberapa kali sehari. Untuk pengobatan lebih lanjut, campurkan 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu; konsumsi 1 sendok makan larutan tersebut setiap empat jam.

Loading...
Ramuan Obat Pereda Sakit Tenggorokan | inicarak | 4.5