Loading...

Rumus Cara Menghitung Tinggi Badan Maksimal

Setiap orang pastilah menginginkan tubuh yang tinggi ideal. Khawatir tidak bisa tumbuh tinggi sesuai keinginan, maka saat masih anak-anak orang tua atau bahkan anak itu sendiri biasanya akan mencari berbagai informasi tentang bagaimana cara agar anak bisa tumbuh tinggi.

Padahal, tinggi maksimal seseorang sebenarnya bisa diketahui atau diperkirakan, bahkan saat masih anak-anak. Karena ada rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya. Berikut adalah rumus menghitung tinggi badan berdasarkan tinggi tubuh orang tuanya :

  • Anak laki-laki = (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm
  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah – 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Sebagai contoh, anak laki-laki memiliki ibu dengan tinggi badan 155 cm dan ayah 180 cm. Maka kemungkinan si anak ketika sudah dewasa akan memiliki tinggi maksimal dalam kisaran antara 182,5 cm sampai 165,5 cm.

loading...

Untuk mendapatkan tinggi tubuh yang ideal ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor gizi dan lingkungan. Faktor gizi dalam hal ini adalah protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sementara faktor lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui juga bahwa penambahan tinggi badan seseorang dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal, yang Anda perlukan hanyalah menjaga asupan nutrisi Anda yang cukup protein dan kalsium serta berolahraga teratur. Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal di butuhkan vitamin untuk kekuatan tulang yaitu vitamin D, kalsium, dan phospor. Semua vitamin tersebut terangkum dalam makanan yang mengandung protein, baik itu protein hewan atau nabati, serta unsur sayuran hijau.

Contoh protein hewani yaitu: daging, ayam atau ikan,kerang, cumi, serta putih telur. Sementara untuk contoh protein nabati yaitu: tahu tempe dan kacang-kacangan kering lainnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong dsb. TApabila kebutuhan nutrisi sudah tercukupi, maka untuk mendapatkan tubuh yang tinggi tidak lagi dibutuhkan suplemen.

Loading...

Hasil pencarian:

cara mengukur tinggi badan, cara menghitung tinggi badan, cara menghitung tinggi badan ideal, cara mengetahui tinggi badan, cara mengetahui tinggi badan tanpa diukur, rumus tinggi badan, Rumus menghitung tinggi badan, rumus cara menghitung tinggi badan, menghitung tinggi badan, mengukur tinggi badan, cara menghitung tinggi badan maksimal, cara mengukur tinggi badan ideal, menghitung tinggi badan ideal, cara menghitung tinggi maksikal genetik, mencari nilai gabungan
Rumus Cara Menghitung Tinggi Badan Maksimal | inicarak | 4.5