Loading...

Sakit Maag Bisa Sembuh dengan Berpuasa

Sakit maag bukan menjadi alasan untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan.

Banyak penderita yang merasa khawatir kalau penyakitnya kan kambuh jika ikut puasa di Bulan Ramadan. Padahal yang benar, penderita maag tetap bisa menjalankan puasa tanpa harus khawatir. Bahkan, ternyata puasa bisa menyembuhkan maag.

Demikian disampaikan oleh Konsultan Gastroenterologi, DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, di sela-sela Simposium Mini dengan tema ‘Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani’, pada Selasa (11/6/2013).

loading...

Menurut Dr. Ari, penderita sakit maag tetap bisa berpuasa, kecuali penderita dispepsia organik (penyakit maag yang terjadi karena adanya kerusakan/kelainan bentuk organ pencernaan) yang belum diobati.

Lebih lanjut menurut Ari, ada beberapa tanda yang harus diwaspadai yaitu:

  1. Sakit maag pertama kali pada umur di atas 45 tahun
  2. Berat badan turun
  3. Anemia/pucat
  4. Muntah darah disertai BAB hitam
  5. Tidak bisa menelan

Bahkan menurut Dr Ari, dengan berpuasa, sakit maag fungsional akan membaik. Hal ini dibuktikan dengan penelitian tentang puasa dan sakit maag yang dilakukan oleh Syam AF dkk tahun 2002.

“Umumnya dispepsia fungsional bisa berpuasa, sedangkan dispepsia organik tergantung penyebabnya,” ujar Dr Ari.

Menurut Ari, sebagian penderita dispepsia organik (penyakit lambung)bisa berpuasa dengan didampingi obat-obatan penghambat pompa proton yang diresepkan oleh dokter.

Loading...
Sakit Maag Bisa Sembuh dengan Berpuasa | inicarak | 4.5