Loading...

Sejumlah Manfaat dan Kandungan Gizi dari Buah Bisbul

Buah bisbul biasa juga disebut dengan buah mentega adalah salah satu jenis tanaman yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Memang tujuan utama seseorang memelihara tanaman yang satu ini adalah untuk diambil buahnya karena buah bisbul dapat dikonsumsi dalam kondisi yang sudah matang dan juga dibuat bahan konsumsi lain, seperti campuran es, minuman, dan diolah menjadi rujak.

Berbicara tentang kelezatan buah bisbul, rasa dari buah ini agak sedikit manis dan cukup kering, hampir sama dengan aroma keju serta durian. Daging buah bisbul bisa diiris kemudian bisa dicampur dengan berbagai buah lain jika ingin diolah menjadi rujak. Warna buah bisbul juga terbilang unik. Pada awalnya, buah bisbul akan berwarna coklat kemerahan serupa dengan pohonnya yang berangsur akan berubah menjadi warna merah terang. Jika sudah matang, warna merah terang tadi akan sedikit mengusam.

Selain bisa bermanfaat karena rasa buahnya yang lezat, manfaat dari pohon bisbul ini juga bisa diambil dari kayu batangnya. Sekedar informasi bahwa kayu pohon bisbul merupakan kayu dengan kualitas yang baik. Dengan warnanya yang coklat kemerah-merahan sampai hitam, kayu ini menjadi bahan kerajinan yang bernilai tinggi. Selain warnanya yang indah mempesona, tekstur kayu dari pohon bisbul yang halus, kuat, dan keras juga dapat membuat suatu kerajinan tangan menjadi tahan lama.

loading...

Jika sudah membahas tentang manfaat, maka perlu kiranya untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam buah yang satu ini. Dalam 100 gram buah bisbul, diketahui ada berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa kandungan itu antara lain: protein (2,8 gr), lemak (0,2 gr), karbohidrat (11,8 gr), serat (1,8 gr), kalsium (46 mg), fosofr (18 mg), zat besi (0,6 mg), energi, dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, Vitamin C tiamin, dan riboplavin.

Dengan berbagai kandungan di atas, maka buah bisbul dipercaya dapat:

  • Meningkatkan vitalitas tubuh seseorang.
  • Mengatasi masalah pada organ pencernaan manusia.
  • Menghaluskan kulit.
  • Menjaga kesehatan mata, serta
  • Menjauhkan sembelit dan penyakit perut lainnya.

Semoga informasi mengenaik buah bisbul di atas dapat bermanfaat.

Loading...

Hasil pencarian:

buah bis bull, buah bisbul untuk ibu hamil
Sejumlah Manfaat dan Kandungan Gizi dari Buah Bisbul | inicarak | 4.5